-->

Semaraknya Perayaan Maulid Di SDN 6 Tanah Jambo Aye

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Antusiasme pihak Sekolah Dasar Negeri 6 (SDN6) Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara terlihat saat perayaan Maulid Akbar, Nabi Besar Muhammad SAW, Selasa 15/11/2022 disekolah tersebut.

Keharmonisan, kerjasama dan jiwa tertib siswa menambahkan nuansa keakraban antara kepala Sekolah bersama dewan guru, staf sekolah dengan wali murid dan pelajar SDN6. Ditambah lagi kepedulian lingkungan sekolah, tidak terkecuali komite sekolah dan tokoh masyarakat setempat.

Maulid Nabi atau Maulidul Rasul, merupakan kegiatan yang sakral bagi masyakat di Aceh. Momen penyambutan hari kelahiran Baginda Rasul Nabi Muhammad dirayakan dengan kenduri besar yang dilangsungkan secara adat istiadat dan secara turun-menurun.

Demikian pula, keluarga besar SDN6 Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Dengan kebersamaan, menyukseskan perayaan Maulid dengan khidmat.

Dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Alquran, berlanjut dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 6, Lili Andasna, S.Pd.

Saat pembukaan, Lili Andasna mengatakan, momen perayaan Maulid disekolah merupakan salah satu edukasi ekstra bagi siswa.

Disini, para pelajar dibekali dengan bimbingan rohani tentang meniti sejarah Rasulullah dan meneladani sikap dan kelembutannya.

"Nabi kita adalah sang penerang dan penuntun Ummat, hamba yang dibangkitkan dikemudian hari, hanya akan mencari syufaat Baginda Nabi. Rasulallah kian mencintai ummatnya," kata Lili Andasna.

Melalui perayaan momen sakral hari-hari kebesaran Islam siswa dibimbing dan dibekali dengan pendidikan Ahklakul Karimah. 

Kepala sekolah yang juga ibu Bhayangkari, istri dari Kapolsek Tanah Jambo Aye, Iptu. Parhusip, S.H, ini, mengharapkan, untuk kedepan, sekolahnya semakin maju dan berkualitas secara Islami.

"Disini kita menekankan pendidikan moral, etika yang luhur dan akhlakul karimah menjadi perioritas siswa/siswi yang bermutu," lanjut Lili.

Tidak hanya peserta didik, guru juga wajib mengutamakan pendidikan moral. 

"Kami utamakan pendidikan moral, yaitu budi pekerja dan akhlak yang luhur. Sepintar apapun, tanpa moral, tentu kita bukan apapun. Oleh karenanya bertepatan pada hari lahirnya baginda rasulallah kita merefleksikan akhlak dan budi pekerti, kemudian kuta implementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Lili Andasna.

Suka duka bercampur menjadi satu, dimana dambaan siswa-siswi setempat untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad sempat ditiadakan selama tiga tahun, akibat pandemi Covid 19 sejak 2020 sampai dengan 2022 ini.

Lautan pelajar SDN 6 terkait, semangat menyukseskan Maulid, sebanyak 363 pelajar ikut hadir menyambut Maulid didampingi undangan kepada wali murid masing-masing.

Acara itu juga diselingi oleh ragam kegiatan religi, diawali Shalawat Badar, Asmaul Husna, Tahfis Alquran, pengajian dan ceramah dan akhiri dengan santunan yatim piatu serta menikmati kenduri bersama.

Kepala sekolah mengatakan, seribuan lebih para tamu undangan datang, terdiri dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan juga DPRK di Kabupaten Aceh Utara, para Kepala Sekolah, tenaga guru, Muspika Plus dan Tokoh Masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Gampong Samakurok (tempat sekolah berdiri-red) yang telah mendukung kami pihak sekolah, tanoa lingkungan sekolah tentu kami disini bukan apa-apa," pinta Lili, 

Dukungan masyarakat untuk menyokong sekolah ini, terus diharapkan, hingga kedepan nanti.

"Kepedulian wali murid, tenaga didik yang konsisten serta ananda kami siswa siswi kami juga mengucakan terima kasih" ucapnya.


Editor: Efendi Noerdin 

Share:
Komentar

Berita Terkini