-->

Musrenbang Des Sukses di Gampong Bantayan

Zulkarnaen author photo

Aceh Utara BAP--Keuchik Gampong Bantayan kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara,  laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang Des), acara itu merupaka kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, Jum'at 28/10/2022.

Musrenbang Des itu dilakukan setiap menjelang awal tahun, hal itu tidak asing lagi untuk jajaran Pemerintah Desa dalam Kecamatan Seunuddon.

Kegiatan Musrenbang Des itu berlangsung di Meunasah setempat, hadir pada acara itu unsur Muspika, Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Imum Mukim, Tokoh Masyarakat, juga semua masyarakat Desa setempat.

Keuchik Gampong Bantayan Fazal Umri, mengatakan bahwa setelah melakukan serap aspirasi tingkat Dusun selanjutnya Pemerintah Desa menyelenggarakan kegiatan Musrenbang Desa tahun 2022.

"Musrenbang kita laksanakan dengan tujuan untuk menggali berbagai permasalahan dan aspirasi masyarakat Desa Kami" kata Fazal.

Fazal juga menjelaskan bahwa usulan-usulan tersebut nantinya akan dituangkan dalam rencana kerja pembangunan gampong (RKPG) Tahun 2022, sebagai pedoman dalam menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun depan.

"Forum Musrenbang ini kita adakan untuk menampung usulan program dari masyarakat, tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga aspek pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. Kegiatan Musrenbangdes merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya oleh pemerintah Gampong," ujarnya.

Menurutnya landasannya sudah tertuang dalam Perbup Aceh Utara dan aturan Kementerian Desa, sehingga sudah menjadi sebuah kewajiban harus di jalankan.

Sementara itu, Imum Mukim Pante M. Hasan Sulaiman mengingatkan, peserta musrenbang untuk menyampaikan semua usulan rencana pembangunan desa tahun depan.

"Hari ini kita bermusyawarah bermufakat, untuk menentukan arah pembangunan Gampong kita di tahun 2023," tuturnya.

M.Hasan menyebutkan bahwa ada beberapa bidang pembangunan yang menjadi perioritas, bukan usulan sebatas pembangunan infrastruktur semata.

"Infrastrukur penting tetapi usulan bidang lain juga penting seperti, bidang pemberdayaan dan bidang pembinaan masyarakat yang benar-benar bisa menjawab tantangan kebutuhan Desa Bantayan," pungkas Mukim Hasan.

Share:
Komentar

Berita Terkini