-->

Keluarga Besar Tuloet Salem Gelar Maulid Akbar

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Satu keluarga besar di Desa Sama Kurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara,Tuloet Salem menggelar syukuran pada momentum Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444. H, Minggu 27/11/2022, di Balai Pengajian Balee Teuku Ben Prang Bin Tuloet Salem di Dusun Melati. Desa setempat.

Maulid Akbar tersebut dilaksanakan bersama Majelis Pengajian keluarga besar Teuku Ben Prang Bin Tuleot Salem. 

Syukuran atas kelahiran Baginda Rasulallah itu diwarnai dengan acara Dalail Khairat, Santunan Anak Yatim, Tausiyah dan doa bersama serta berkenduri.

Pimpinan Balai Majelis Pengajian Teuku Ben Prang sekaligus ketua panitia Maulid, Bukhari H. Cek yang biasa disapa Cek Ari kepada beritacehpoe.net menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai ucap syukur umat kepada Rasulallah dan juga sangat sacral terhadap penguatan silaturahmi keluarga.

"Keluarga bagaikan kepingan kaca yang pecah, hal ini disebabkan banyak faktor, contohkan pembauran budaya keluarga, pindah tempat dan juga yang tidak dapat dipungkiri adalah perubahan status dan profesi. Maka, momen sacral ini sangat penting, inilah yang menyatukan kami semua," kata Cek Ari disela-sela kesbukannya mengurus undangan keluarga yang hadir.

"Maulidur Rasul ini kita hiasi dengan santunan anak yatim yang ada di desa ini (Samakurok), Dalil Khairat, Tausiah dan Do'a bersama," terangnya.

Sedikitnya, amatan wartawan di lokasi perayaan Maulid terlihat begitu menyejukkan. 

Diperkirakan sekitar seribuan anggota keluarga dari keturun Teuku Tuloet Salem berkumpul menjadi satu. Keturunan Ben Prang adalah tuan rumah serta pokok fikiran.

"Keluarga hadir dari berbagai pelosok daerah, terkadang sebelumnya belum pernah dikenali atau diketahui. Melalui momen ini kami bertemu kembali dalam bingkai keluarga besar kami, Alhamdulillah," imbuhnya, dengan nada rasa syukurnya atas momen Maulid Nabi besar ini.

Tgk. Fauzan Azima Bin Tgk. Razali merupakan cendikiawan muda keluarga Ben Prang bin Tuloet Salem. 

Dirinya diagungkan sebagai penasehat keluarga, ia juga merupakan estafet sebagai pimpinan Dayah Nurul Hidayah Desa Matang Drien, Kecamatan Tanah Jambo Aye, yang selama ini berjuang keras untuk menegakkan keutuhan keluarga Tuloet Salem.

Gagasan Cendikiawan muda yang kerap disapa Ayah Muda ini pun menjadikan motivasi bangkitnya keluarga Tulot Salem setempat.

"Maulidur Rasul merupakan momen penting untuk mengenang perjuangan Rasulullah yang begitu gigih dalam membela agama Allah serta membawa hambaNya untuk memperbaiki akhlak mulia sesuai perintah Allah," paparnya sebagai petuah melalui tausiah singkat disela-sela kegiatan perayaan Maulid.

Ayah Muda menjelaskan, salah satu suri teladan Rasulallah yakni mempererat jalinan silaturahmi sesama umat, spesialnya terhadap keluarga. 

"Maulid Nabi juga dapat meningkatkan keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah dan Rasul-Nya serta dapat membawa perubahan positif tidak hanya dalam pekerjaan namun di dalam kehidupan kita sehari hari, cintailah keluarga," lanjutnya sendu.

Pada momen tersebut Ayah Muda juga menyinggung, penguatan silaturahmi ini harus dikukuhkan dalam setiap keluarga, guna mengikat tali persaudaraan umat.

Ia berharap Momen Maulid selain dari pada merefleksi hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, juga sebagai media silaturahmi umat bagi keluarga manapun.

Selain keluarga besar Tuloet Salem, keluarga tersebut juga turut mengundang tamu kehormatan dari Muspika Plus dan jajaran Aparatur Desa setempat dan sekitarnya.

"Alhamdulillah Maulidur Rasul di Balai Pengajian Balee Teuku Ben Prang Bin Tuloet Salem bersama Majelis Pengajian berjalan sukses penuh suka dan ceria," timpal Cek Ari di detik-detik menyantap kenduri Maulid bersama.

Cek Ari juga menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua Majelis Pengajian yang telah bahu membahu menyukseskan kegiatan ini, semoga silaturahmi, dan persaudaraan itu menjadi momen terindah dalam kehidupan berkeluarga.

Editor: Efendi Noerdin
Share:
Komentar

Berita Terkini