-->

Anggota Komisi IV DPRK Bahas Pemetaan Isu Kamtibmas Dengan Kapolsek Tanah Jambo Aye

Effendi Nurdin author photo

Aceh Utara, BAP--Zulkifli atau lebih akrab disapa Joel Panton, Politisi Partai Nasional (Parnas) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga anggota komisi IV Daerah Pemilihan VI, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara melakukan silaturahmi sekaligus sidak dengan Kapolsek Tanah Jambo Aye, Kamis 17/11/2022.

Legeslatif dari Fraksi PKS tersebut melaksanakan silaturahmi dalam rangka membahas beberapa isu keamanan dan ketertiban masyarakat Tanah Jambo Aye.

Sejauh ini tidak isu negative yang berkembang di wilayah Sektor Tanah Jambo Aye, hanya saja beberapa keluhan masyarakat terkait infrastruktur Daerah yang perlu di perhatikan secara khusus.

"Fungsi kita untuk menampung apapun aspirasi masyarakat, peran legeslatif sudah seharusnya mengetahui isu masyarakat daerah pemilihannya (Dapil) sebagai bahan pertimbangan pembangunan daerah," kata Zulkifli saat silaturahmi dengan Kapolsek Tanah Jambo Aye, di Mapolse setempat.

Dalam kunjungan tersebut selain membahas isu keamanan dan ketertiban umum masyarakat, dirinya juga membahas beberapa isu strategis lainnya, salah satu aktifitas penggunaan jalan perkebunan di Pemukiman Tanah Jambo Aye Tengah.

Jalan lintas antar Desa di Pemukiman tersebut, telah terjadi dilemma besar antara pengusaha perkebunan dengan masyarakat setempat.

"Silaturahmi ini dalam rangka kunjungan kerja, guna memperkuat hubungan pengawasan internal Kecamatan atau Daerah pemilihan VI Aceh Utara, terutama bidang keamanan dan ketertiban masyarakat," lanjut Zulkifli.

Dikatakannya bahwa sempat terjadi komplain warga atas tonase mobil barang yang melintas melebihi kapasitasi daya beban jalan.

"Warga meminta agar, mobil barang pengangkut sawit dengan muatan diatas 16 ton keatas untuk tidak melintasi jalan tersebut, disebabkan akan mempercepat kerusakan bada jalan" ujarnya.

Dilain sisi jelas Joel Panton, produktifitas hasil perkebunan sawit setempat pun telah over kapasitas, sehingga para pelaku perkebunan, baik petani, ataupun pengusaha dipaksakan melakukan mobilisasi hasil panen menggunakan mobar berkapasitas muat besar.

Atas dasar itu Joel Panton bersama Kapolsek Tanah Jambo Aye, Iptu Parhusip, S,H, terlihat memperbincangkan solusi untuk mengatasi permasalah tersebut.

Sebagai penanganan temporari, kerusakan badan jalan harus ditangani secara swadaya gotong royong para tokoh penting Tanah Jambo Aye.

"Tingkat pola partispasi gotong royong harus mulai dibangkitkan kembali. Disini, jika pun kita berharap kepada pemerintah sepenuhnya, jika pun dikabulkan akan memakan waktu yang lama. Nah, disini kita terus berbuat, sambil menanti keputusan rencana dinas, agar bisa diangkat kedalam rencana pembangunan daerah tahun mendatang," jelas Politisi Muda tersebut, seraya menambahkan, ia akan terus berupaya menyampaikan aspirasi ini ke Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Utara nanti.

Ia berharap, apapun persoalan masyarakat, agar bisa ditangani oleh masyarakat itu sendiri dibawah bimbingan Muspika setempat.

"Muspika diharapkan perlu memperkuat stake holder Tanah Jambo Aye," tandas Joel Panton.

Sementara itu, Kapolsek Tanah Jambo Aye, Iptu Parhusip, S.H, didampingi Waka Polsek, Ipda M. Isya menyambut baik kunjungan Anggota Komisi IV DPRK Aceh Utara.

Ia juga menyambut baik gagasan Legeslatif dari Fraksi PKS itu. "Kami harapkan juga, terkait persoalan masyarakat Tanah Jambo Aye, bisa terus diperhatikan oleh Legeslasi mereka disini," ujar Parhusip seraya mengucapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan silaturahmi Joel Panton.

Untuk persoalan penguatan Stake Holder Tokoh Jambo Aye, hal itu akan dimusyawarahkan kedalam Pertemuan Musyawarah Muspika Plus mendatang ini.

Share:
Komentar

Berita Terkini