-->

Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Bebas Bersyarat

Redaksi author photo

Jakarta, BAP--Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bebas bersyarat hari ini. Sebelumnya, majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada Irwandi 7 tahun penjara dalam kasus suap sebesar Rp 1,05 miliar.

Kalapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Elly Yuzar membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan Irwandi Yusuf telah keluar dari Lapas Sukamiskin per Selasa 25/10/2022.

"Oh, iya. Sudah (keluar dari Lapas Sukamiskin)," kata Elly.

Elly menjelaskan bahwa Irwandi Yusuf keluar dari Lapas Sukamiskin dengan status bebas bersyarat. Diketahui, Irwandi Yusuf telah menjalani masa tahanan selama 4 tahun.

"Dia sudah menjalani bebas bersyarat. Tadi dia keluar," jelasnya.

Elly juga menerangkan bahwa bebas bersyarat Irwandi Yusuf itu juga sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dari Dirjen Pemasyarakatan.

"Oh, iya, lah (dari Ditjen Lapas). SK-nya kan dari Dirjen Lapas," ucap Elly.

Sebelum Irwandi keluar dari Lapas Sukamiskin, jelas Elly, pihaknya juga sudah memberikan nasihat kepada Irwan. 

Nasihat itu berisikan soal hal apa saja yang dilarang dilakukan Irwandi selama masa bebas bersyaratnya.

"Dia belakangan ini menjalani bebas bersyarat. Tadi sudah dinasehati dan dipanggil. Ada hal-hal yang nggak boleh dilakukanlah. Sudah dinasihati. Mana yang boleh, mana nggak boleh. Begitu," tutup dia.

Irwandi sendiri sebelumnya divonis bersalah dalam kasus suap dan gratifikasi. Dia dijatuhi hukuman tujuh 7 penjara pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung.

Irwandi dinyatakan bersalah menerima suap Rp 1 miliar secara bertahap, yakni lewat Hendri Yuzal dan Teuku Saiful Bahri. 

Suap itu disebut berasal dari mantan Bupati Bener Meriah Ahmadi terkait persetujuan Dana Otonomi Khusus Aceh tahun 2018.

Irwandi juga dinyatakan bersalah menerima gratifikasi Rp 8,7 miliar selama menjabat Gubernur Aceh. Pada 2021, Irwandi mengajukan peninjauan kembali (PK) atas vonis tersebut.


Sumber: detikcom
Share:
Komentar

Berita Terkini