-->

Imbas Pasca Kenaikan Harga BBM, Sejumlah Bahan Pokok Naik Sangat Signifikan

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Akibat dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sejumlah bahan pokok mengalami lonjakan harga  sangat signifikan. 

Amatan beritaacehpoe.net di Pusat Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, harga beras,  bawang merah dan cabai yang naik sangat signifikan.

Sementara terkait harga telur terjadi penurunan harga dari harga Rp 50.000 per tray (isi 30 butir) menjadi Rp 48.000 per tray.

Sedangkan harga Minyak goreng curah masih seperti harga biasa Rp 14.000 per Kg begitu juga dengan harga gula pasir Rp 15.000 per Kg.

 Bawang Merah Brebes (Jawa) Rp 28.000 per Kg, menjadi 32000 per Kg, sementara harga Bawang Packing (Bombay) untuk saat ini masih bertahan di harga Rp 12.000 per Kg, dibandingkan harga sebelumnya Rp 13.000 per Kg.

Salman pedagang sembako di Pusat Pasar Rakyat Kota Panton Labu, menuturkan bahwa harga barang bahan pokok sudah mulai mengalami satu per satu kenaikan harga signifikan.

"Begitu juga dengan pasokan barang dari Medan (Sumut), masih lancar tidak ada kelangkaan barang, kalau ditempat saya hanya beras yang sangat terasa naik dalam sepekan ini" kata Salman kepada beritaacehpoe.net Sabtu 10/9/2022.

Mahdi pedagang di Pasar yang sama menjelaskan bahwa untuk saat ini harga barang masih sudah mulai merangkak naik, ditambah lagi daya beli masyarakat sangat rendah.

"Ini bisa jadi masyarakat baru siap musim tanam dan acara pesta perkawinan sangat sedikit, begitu juga dengan kenduri hajatan" ujar Mahdi.

Mahdi memprediksikan bahwa sebulan lagi sudah ada perubahan, apalagi sudah memasuki Bulan Maulid Nabi.

"Kita mengharap sangat pada Pemerintah Daerah atau Dinas Terkait untuk memantau harga barang, agar tidak ada permainan harga yang di lakukan oleh tengkulak" harapnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini