-->

Harga Bawang Merah Jawa dan Bombay Naik Signifikan

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Harga bawang merah Jawa (Brebes) di Pusat Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, mengalami kenaikan tajam dalam dua hari ini, yakni berkisar Rp 38.000 dari harga sebelumnya Rp 28.000  per Kg.

Sementara harga bawang merah packing juga mengalami kenaikan harga dari Rp10.000 per Kg, menjadi Rp 15.000 per Kg.

Salman Pedagang di Pusat Pasar Rakyat Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara mengatakan bahwa Minggu ini mulai mengalami kenaikan harga dua jenis Bawang Merah Jawa dan Bawang Bombay.

"Semua jenis bawang merah yang kami jual disini didatangkan dari Medan (Sumut), sampai saat ini, saya belum tau pasti penyebab naiknya harga bawang merah secara tiba-tiba yang sangat signifikan. Naik itu tidak tau faktor apa, cuaca atau naiknya harga BBM," kata Salman. 

Padahal, lanjutnya, harga bawang merah dua hari yang lalu masih stabil harganya. Kenaikan bawang merah ini membuat banyak pelanggan protes.

"Harga cabai belum seberapa turunnya, sekarang gantian bawang merah yang naik. Pembeli pada protes," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah ibu rumah tangga di kota ujung timur Kabupaten Aceh Utara, mengeluhkan kenaikkan harga bumbu dapur tersebut. 

"Sebab, bawang merah merupakan bumbu pokok hampir semua jenis masakan," tutur Halimah.

Sejumlah pembeli dan pedagang di Pusat Pasar Rakyat berharap agar pemerintah bisa menstabilkan harga bahan pokok, apalagi menjelang bulan Maulid Nabi.
Share:
Komentar

Berita Terkini