-->

Ini Selisih Harga Bawang Merah India Dengan Bawang Merah Berbes

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Tingginya harga bawang merah Brebes (Jawa), konsumen di seputaran Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara dan di seputaran ujung barat Kabupaten Aceh Timur beralih membeli bawang merah peking, asal India.

Burhan pedagang di Pusat Pasar Rakyat Kota Panton Labu Kabupaten Aceh menuturkan, untuk saat ini harga bawang merah Brebes dirinya menjual 30 ribu rupiah per Kg.

"Kami jual Rp 30.000 per Kg, sedangkan bawang merah peking asal India kami jual Rp 14.000 per Kg" katanya.

Dijelaskannya bahwa semua bawang merah peking asal India yang dijual itu, dirinya mem beli pada distributor di Kota Medan (Sumut) dan di salurkan melalui agen untuk para pedagang di Jambo Aye.

"Harga bawang merah Brebes  sebelumnya pernah mencapai Rp 60.000 per Kg, sedangkan bawang peking masih belasan ribu per Kg," ujarnya.

Amatan beritaacehpoe.net di Pusat Pasar Rakyat, permintaan bawang merah peking lebih banyak dari bawang merah dari pulau Jawa.

Masih di pasar yang sama, pedagang lainnya Saiful, ia menuturkan bahwa permintaan bawang peking saat ini sangat meningkat, khususnya penjual martabak, mie dan penjual nasi.

Penjual Martabak telur dan Mie pada sebuah warung di seputaran Kota Panton Labu, hAceh Utara, Putra sangat bersyukur harga bawang merah peking turun harga.

"Soalnya dalam dua hari ini harga telur ayam dan minyak goreng curah mulai merangkak naik," ungkap Putra.
Share:
Komentar

Berita Terkini