-->

Ini Harga Telur Ayam Di Pusat Pasar Rakyat

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Pertengahan Agustus 2022 harga telur ayam di Pusat Pasar Rakyat Kota Panton Labu Kabupaten Aceh Utara bergerak naik.

Amatan beritaacehpoe.net para pedagang menjual Rp 50.000 per papan atau naik dari harga sebelumnya Rp 46000 per papan.

Zakaria, pedagang di Pusat Pasar Rakyat saat ditemui beritaacehpoe.net ditempat usahanya menuturkan, naiknya harga telur ayam dalam dua hari ini mengikuti perkembangan harga di Distributor Medan (Sumut)

"Jadi kalau di Medan terjadi perubahan harga sudah pasti di Aceh  juga akan terpengaruh," katanya.

Ia membeli telur ayam ras dari agen pemasok dengan harga Rp 490.000  per ikat (10 papan) para pedagang eceran di pasar bisa menjual dengan harga Rp1.800 hingga Rp1.900 per butir tergantung ukuran.

Halim, pedagang lainnya mengatakan, kalau dijual dengan harga rata-rata Rp1.600 per butir kami akan merugi sebab dalam satu ikatan yang terdiri dari 300 butir itu ada saja yang rusak, yakni pecah maupun yang busuk.

"Jadi untuk menutupi kerugian seperti itu kita jual pilah-pilah dengan tujuan harga telur tergantung ukuran," ujarnya.

Sementara itu, salah satu penjual bakso telur atau pelaku UMKM, Parjo naik harga telur sangat terpengaruh terhadap penjualan baksonya.

"Kalau harga telur naik,tidak mungkin harga jualan saya di naikkan, kalau dinaikkan sudah pasti pembelinya lari ke tempat lain," sebut Parjo.

Parjo mengungkapkan, salah satu kendala ketika dirinya menjual dagangannya yaitu harga bahan baku terutama telur yang tidak stabil harganya. 

Sehingga, dirinya berharap agar harga telur menjadi murah dan stabil untuk membantu UMKM yang baru merintis usaha.

"Salah satu kendala berjualan yaitu harga telur dan bahan baku lainnya, harganya naik turun, harapan kalau bisa harga telurnya murah dan stabil, karena semua bahan baku kan menggunakan telur, itu sama saja membantu UMKM, dengan menurunkan harga bisa membantu UMKM" tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini