-->

Pedagang Ikan Dipasar Panton Labu Mulai Beraktivitas

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Para pedagang ikan di Pasar Tradisional Kota Panton Labu Kabupaten Aceh Utara, kembali beraktivitas berjualan pasca libur Hari Raya Iduladha 1443 H /2022 M. 

Kendati mereka belum sepenuhnya serentak berjualan dan ikan yang mareka pasarkan dari luar daerah seperti dari Sibolga, Belawan (Sumut), itupun bukan ikan segar tapi ikan dari Coolstroge, seperti ikan tongkol dan gembung, harga ikan masih bisa dikatakan mahal dan barangnya masih langka. 

Rusli yang sering disapa Toke Roeh salah satu Toke Bangku saat ditemui beritaacehpoe.net menuturkan, nelayan lokal belum banyak melaut sejak berlangsungnya tradisi meugang (punggahan) dan berlangsung sampai hari ke empat lebaran.

"Memasuki H+5 hari raya, kami mulai berjualan, pembelinya pun masih bisa katakan sepi,karena masyarakat masih banyak yang mengkonsumsi daging kurban," kata pria yang sekarang Keuchik pada sebuah Desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Jum'at 15/7/2022.

Pundemikian sebagian pedagang belum banyak yang berjualan, untuk kebutuhan ikan sehari-hari dan untuk pedagang ikan keliling antar Desa memenuhi, 

"Meskipun yang kami jual ikan Bandeng dan Mujair, sedangkan jenis ikan laut masih sangat minim," tutur Helmi saat ditemui dilapak jualannya.

Amatan beritaacehpoe.net di Pasar Tradisional Kota Panton Labu, tampak para penjual ikan sedang sibuk melakukan persiapan dan pengecekan lapak jualan mareka, sebelum berjualan.
Share:
Komentar

Berita Terkini