-->

Harga Kacang Tanah Naik, Pedangang Keliling Terancam Gulung Tikar

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Sejumlah pedagang kacang rebus keliling di Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara mengeluh akibat mahalnya harga kacang. 

Hal itu disebabkan keberadaan komoditas kacang tanah yang mengalami kelangkaan. 

Alhasil harganya pun naik cukup signifikan, hingga menembus Rp 17000 per Kg, dari harga sebelumnya.

"Harga kacang tanah sebelumnya Rp 13.000 per Kg, kunaikan itu sudah dua bulan lebih, sehingga kacang tanah sangat sulit ditemukan di Pasar-pasar Tradisional," kata Ahmad  pedagang kacang rebus keliling yang sering mangkal di jalan Tgk. Chik Di Tiro di Kota ujung Timur Kabupaten Aceh Utara saat ditemui beritaacehpoe.net Jum'at 29/7/2022.

Dikatakannya, akibat kelangkaan tanaman itu, selama dua bulan terakhir ini, dirinya mengalami penurunan omzet penjualan. 

"Biasanya dalam sehari, saya bisa memperoleh hasil penjualan hingga Rp 800.000 per hari. Tapi, sejak kacang tanah langka dan harganya naik, omzet penjualan saya pun turun drastis, hanya Rp 500.000 saja per hari saya dapat," keluhnya.

Hal senada juga disampaikan pedagang kacang rebus keliling lainnya, Ridwan (40), yang sering berjualan ditempat acara pesta perkawinan, acara hajatan dan pada acara keramaian malam harga kacang saat ini tinggi harganya dari biasanya.

 Menurutnya, kendati kacang tanah tersebut yang di datangkan dari luar kota seperti dari daerah Sigli (Pidie), Banda Aceh dan dari Medan (Sumut), namun harganya sangat mahal dari biasanya. 

"Sebelum langka, harganya Rp 12.000 per Kg. Tapi hampir dua bulan ini, harganya naik jadi Rp 17000 per Kg," Ridwan.

Dirinya berharap kelangkaan kacang tanah dapat sesegera ditanggulangi oleh pemerintah, melalui dinas terkait. Sehingga keberlangsungan mata pencarian para pedang kecil seperti dirinya dapat berjualan dengan lancar.

"Kami berharap kelangkaan kacang tanah itu segera berakhir, sehingga kami bisa berjualan dengan lancar dan tidak harus menambah modal, apalagi kebutuhan rumah tangga saat ini maeningkat" ujarnya.

Sementara pedagang grosir di Pusat Pasar Rakyat , Kota Panton Labu, Acuan mengatakan, kenaikan harga kacang tanah disebabkan pasokan dari suplaier saat ini berkurang dan mereka menjualnya dengan harga tinggi.

"Memang naik harga kacang tanah sudah hampir dua bulan ini, dari pemasok naik. Kami pedagang terpaksa menaikan harga juga," jelasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini