-->

Kepala Puskesmas Se Aceh Utara Ikut Kegiatan Bimtek, Ini Harapan Dinkes Acut

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Data Aplikasi Sarana dan Prasarana bagi semua Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten, kegiatan itu berlangsung di Lido Graha Hotel dan diikuti seluruh Puskesmas, Aceh Utara, Rabu 15/6/2022.

Kegiatan itu diwajibkan setiap Puskesmas untuk melakukan pengisian data Aplikasi Sarana-Prasarana, dan Alat Kesehatan (ASPAK) sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M,  mengatakan menindaklanjuti Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 31 Tahun 2018 tentang Aplikasi Sarana, Prasarana, dan Alat Kesehatan maka setiap Puskesmas diwajibkan mengisi ASPAK.

"Oleh karena itu setiap pengelola ASPAK di Puskesmas perlu diberikan pembekalan pengetahuan," kata Amir Syarifuddin yang ikut didampingi Kabid SDK, Ita Amelia.

Dikatakan, ASPAK merupakan suatu aplikasi berbasis web yang menghimpun data dan menyakikan informasi mengenai sarana, prasarana, dan alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Disamping itu dapat memaparkan atau menyakikan informasi ketersediaan dan pemenuhan terhadap sarana, prasarana, dan alat kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai standar yang berlaku.

Dijelaskannya bahwa ASPAK itu bertujuan untuk menyelenggarakan sistem informasi mengenai sarana-prasarana, dan alat kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan guna inventarisasi dan pemetaan sarana, prasarana, serta alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan.

"Panduan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemenuhan sarana, prasarana, dan alat kesehatan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, serta mendukung akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan" ujarnya.

Lebih lanjut Amir menjelaskan, data ASPAK bermanfaat untuk pemangku kepentingan (Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, atau Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

"Mendukung penilaian pemenuhan standar sarana-prasarana dan alat kesehatan, serta memberikan perizinan fasilitas pelayanan kesehatan" jelas Kadis Kesehatan Aceh Utara.

Menurut Amir pelaporan kejadian tidak diharapkan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang disebabkan oleh sarana dan prasarana juga alat kesehatan.

"Pelaksanaan akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan, pembinaan dan pengawasan fasilitas pelayanan kesehatan, penyusunan perencanaan kebutuhan" pungkasnya.

Disamping itu Amir berujar, manfaat untuk fasilitas pelayanan kesehatan yaitu membuat dasar perencanaan untuk pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

"Untuk itu dalam menyelenggarakan ASPAK di Puskesmas diperlukan penyiapan hardware dan jaringan internet, penyiapan petugas pengelola ASPAK, pelaksanaan input-update data mengenai sarana, prasarana, dan alat kesehatan dengan memiliki akses login ASPAK" papar Amir.

Amir Syarifuddin menuturkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten perlu penyiapan hardware dan jaringan internet.

"Dengan harapan setelah mengikuti Bimtek nantinya akan membantu
Penyiapan Petugas dalam pengelola ASPAK, pelaksanaan validasi data dari Puskesmas, pengelolaan data, dan penyajian informasi" harap Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin.
Share:
Komentar

Berita Terkini