-->

Ini Harga Bawang Merah di Tanah Gayo

Redaksi author photo

Takengon, BAP--Harga bawang merah di Takengon, Aceh Tengah kian melambung. Kenaikannya terjadi secara bertahap. Amatan rri di Pasar Paya Ilang Sabtu 11/6/2022,.

Harga bawang merah lokal sudah dijual pedagang Rp 45-50 ribu Kg. Naik tajam jika dibandingkan dari pertengahan Mei lalu Rp 35 ribu Kg.

Seorang pedagang di Pasar Paya Ilang Edi Ismail mengaku kenaikan harga bawang merah mulai terjadi sejak hari raya Idul Fitri kemarin red di.

Kanaikannya kata dia, setelah pasokan dari petani menurun tajam. Kondisi ini kata Edi, semakin diperparah setelah pasokan bawang merah dari Medan, Sumatera Utara tak masuk ke Takengon.

"Sekarang kebalikan, bawang kita ini bahkan di bawa ke Medan," katanya.

Edi menyebut, harga jual bawang merah dipasar disesuaikan dengan harga beli di tingkat petani lokal. Harga jual ini tergantung pada kandungan kadar air.

Edi juga mengaku kualitas bawang merah lokal tidak kalah saing dengan bawang Medan. Hanya saja kata dia, terkadang bawang merah lokal masih banyak mengandung kadar air.

 "kalau sudah kering kayak ini sama saja," ujarnya sembari menunjukkan bawang lokal kering.

Edi memperkira harga jual bawang merah lokal akan terus naik seiring stok minim. Terlebih katanya, permintaan tinggi jelang hari raya Idul Adha nanti.

RRI

Share:
Komentar

Berita Terkini