-->

Harga Telur Ayam Naik Drastis, Pelaku UMKM Terancam Gulung Tikar

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dalam dua hari terakhir ini harga telur ayam ras tingkat eceran dang grosir mengalami kenaikan berangsur-ransur di Pasar Tradisional Kota Panton Labu Kabupaten Aceh Utara. Senin 23/5/2022.

Kenaikan tajam harga telur ayam itu membuat masyarakat setempat dan sekitarnya mengeluh, sebelumnya harga telur ayam itu Rp 50.000 per papan, kini menjadi Rp 52.000 per papan, kemungkinan harga telur ayam itu akan tembus di angka Rp 60.000 per papan.

"Sejak Sabtu kemarin red, harga telur terus naik, kenakan itu hampir tiap hari," ujar Salman, pedagang rempah-rempah di Pasar  Tradisional Kota ujung Timur Kabupaten Aceh Utara, Senin 23/5/2022.

Menurutnya, harga telur ayam ras di tingkat eceran selama empat hari terakhir ini naik rata-rata Rp 2.000 per papan.. 

Naiknya harga telur yang sangat signifikan akhir-akhir ini belum diketahui penyebabnya, sedangkan pasokan dari agen tergolong lancar tanpa kendala.

"Kita belum mengetahui penyebab kenaikan harga telur ayam itu, sementara stoknya aman, sedangkan permintaan telur untuk penyaluran bantuan sosial pangan atau bantuan tunai pangan sudah tidak diberlakukan lagi sama pihak Terkait" ujarnya.

Sementara itu, perajin kuliner dan penjual Kue Bolu atau pelaku UMKM, Martini mengaku bahwa dirinya setiap hari memproduksi kue bolu dan kue adunan lainnya menggunakan telur ayam.

Menurutnya satu papan telur ayam untuk tiga kue bolu, sementara harga telur itu sangat terpengaruh terhadap penjualan kuenya.

"Harga telur naik, sedangkan harga kue bolu kita tidak mungkin kita naikkan, oleh karena itu kita terpaksa mensiasati adonannya agar mendapat untung," pungkas Martini saat ditemui beritaacehpoe.net di kediamannya Senin 23/5/2022.

Mardiah pelaku UMKM yang menjual Sostel menuturkan bahwa dirinya sangat mengeluh akibat telur ayam mengalami kenaikan begitu tajam, akibatnya penghasilan yang ia peroleh tidak sesuai alias rugi.

"Kita berharap harga telur turun seperti biasa, kalau harganya sudah turun atau stabil tentu saja sudah membantu pelaku UMKM seperti kam ini" harapnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini