-->

Cuaca Ekstrim, Ini Pesan Kadis Kesehatan Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Cuaca panas akhir-akhir ini di sejumlah daerah di Indonesia, pada siang hari, dengan suhu mencapai 27-34 derajat celsius.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M, menuturkan bahwa mengingat kondisi udara yang tinggi, pihaknya menyarankan agar masyarakat banyak mengkonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi.

"Masyarakat perlu meningkatkan asupan cairan, perbanyak minum air putih, kurangi kegiatan diluar rumah, selain itu, tetap mewaspadai kondisi anomali cuaca, dimana perubahan kondisi cuaca secara signifikan masih dapat terjadi" kata Amir saat ditemui beritaacehpoe.net saat bincang-bincang di sebuah warung di ujung Timur Kabupaten Aceh Utara Minggu /22/5/2022.

Amir juga menghimbau, agar masyarakat dapat melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) terutama tidak merokok.

"Kalau ada gejala demam akibat panas ini, agar segera berobat, saat ini, kami di Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, sudah menghimbau kepada 32 Puskesmas, untuk siap selalu dalam menghadapi situasi apapun" ujarnya.  

Amir juga menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas luar rumah jika tidak mendesak, dirinya juga menganjurkan biasakan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air, istirahat yang cukup.

"Kalau perlu gunakan masker, jaket atau payung bila keluar ruangan, memakai Masker, krim atau sunscreen bila perlu, dan kalau tidak ada keperluan, kurangi keluar ruangan disiang hari," harap Kadis Kesehatan Aceh Utara, Amir Syamsuddin.
Share:
Komentar

Berita Terkini