-->

Aparatur Desa Alue Ie Mirah Dapat Pelatihan Teknis

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP–Pemerintah Desa Alue Ie Mirah, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, menggelar pelatihan bagi Aparatur Pemerintah Desa setempat untuk pengembangan kapasitas pengelolaan keuangan Desa, Rabu 25/5/2022.

Pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan tugas pokok serta fungsi (tupoksi) aparatur pemerintah desa tersebut, berlangsung di Meunasah (Surau)  yang turut di hadiri pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa, Aparatur Desa, Tuhan 4, Pengurus PKK, Kader Posyandu, Pengurus BUMG dan unsur Kepemudaan. 

Jumlah peserta yang ikut bimbingan pelatihan itu 30 orang kegiata itu berlangsung selama dua hari.

Sementara itu Camat Tanah Jambo Aye Fauzi Saputra, S.STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan bagi aparatur Desa Alue Ie Mirah itu dianggap penting untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat Desa of dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pembantu Kepala Desa dalam penyelenggaran pemerintahan Desa.

"Kita harapkan pelatihan ini bisa memberikan pemahaman para aparatur Desa Alue Ie Mirah dalam rangka penyelenggarakan Pemerintahan Desa yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku" kata Camat Tanah Jambo Aye Fauzi Saputra.

Dikatakannya bahwa outpot dari kegiatan itu diharapkan seluruh Perangkat Desa yang mengikuti pelatihan dapat memahami tugas dan kewenangannya sehingga kegiatan pemerintahan Desa dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada, guna mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut Camat Tanah Jambo Aye menyampaikan tata cara serta menerapkan kinerja aparatur perangkat desa Alue Ie Mirah yang sesuai dengan APBDes, yang betul betul di jalani sesuai dengan tupoksinya masing masing.

Dirinya berharap kepada perangkat Desa Alue Ie Mirah kedepan agar makin di tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta realisasi pengembangan dan kemajuan Desa, dalam realisasi yang sudah di jalani, sesuai dengan Kemendagri Nomer 84 tentang administrasi pelayanan terhadap masyarakat, juga nomor 20 tentang mengesekusi APBDes yang selama ini sesuai dengan aturan, berharap semoga kedepan perangkat Desa Alue Ie Mirah bisa lebih di tingkatkan pelayanan kepada masyarakat serta bisa mengembangkan perekonomian serta aset Desa.

Sementara itu Kepala Desa Alue Ie Mirah Rusli Abdullah mengatakan, peningkatan kapasitas paratur Pemerintah Desa memiliki peran yang strategis juga sebagai kunci keberhasilan pembangunan ditingkat Desa. 

Selain itu, peningkatan kapasitas itu dilakukan untuk mengimbangi dinamika dan perkembangan masyarakat yang ada ditingkat Pedesaan.

"Tanpa ada upaya tersebut mustahil pembangunan akan berhasil mengingat keterbatasan sumber daya yang ada ditingkat desa, khususnya kemampuan aparatur pemerintah desa dalam pembangunan. Kegiatan pelatihan bagi perangkat desa ini merupakan salah satu kegiatan pemerintah Desa Alue Ie Mirah yang begitu penting untuk pengelolaan keuangan desa kedepannya," terangnya.

Rusli Abdullah mengajak kepada peserta pelatihan yang terdiri dari perangkat desa, serta dari semua unsur Desa Alue Ie Mirah untuk lebih meningkatkan tupoksinya agar terwujud kemajuan bagi masyarakat dan desa Alue Ie Mirah.

"Mari kita bersama-sama meningkatkan kapasitas dan tupoksi masing-masing dalam rangka memajukan desa ini serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwilayah desa kita ini," pungkasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini