-->

Haji Uma Kembali Pulangkan Jenazah TKI Aceh di Malaysia

Abdul Rafar author photo

Jakarta, BAP--Berita tentang meninggalnya Safrizal (25) di Malaysia ini di sampaikan oleh Ary warga Nisam Aceh Utara dan Saiful Amri warga Bate 8 Lhoksukon Aceh Utara yang ikut mengurus Jenazah Safrizal di Malaysia.

Safrizal merupakan TKI Aceh warga Gampong Geudumbak Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara sejak 4 tahun silam bekerja sebagai buruh bangunan di kawasan Sekinchan Selangor Malaysia.

Namun nasib berkata lain, secara tiba-tiba tepatnya 12 April sekira pukul 22.00 waktu Malaysia, ajal menjemput Safrizal.

"Untuk memastikan penyebab meninggalnya Safrizal, beberapa sahabat dekat Safrizal yang tinggal bersama membawa Safrizal ke RS Tanjung Karang untuk dilakukan Otopsi, hasil Otopsi Safrizal meninggal dunia akibat serangan jantung yang diderita selama ini" kata Ary yang di dampingi Saiful Kamis 14/4/2022.

Meninggalnya Safrizal sempat beredar di media sosial Facebook hingga Ary dan Saiful Amri ikut menghubungi Haji Uma setelah sebelumnya sempat menghubungi beberapa tokoh Aceh di Malaysia, namun tidak ada solusi pemulangan jenazah Safrizal.

Selain para sahabat Safrizal yang meminta bantuan Haji Uma, Geuchik Gampong Geudumbak Kecamatan Langkahan juga ikut melayangkan surat permohonan kepada Haji Uma untuk membantu pemulangan jenazah Safrizal ke kampung halaman di Aceh Utara

Haji Uma yang dikenal sering membantu TKI asal Aceh langsung menugaskan Abu Saba selaku penghubungnya di Malaysia untuk melakukan pengurusan lebih lanjut pemulangan jenazah Safrizal ke kampung halaman di Aceh Utara.

Selama Pandemi Covid-19 terjadi, pemulangan jenazah TKI dari Malaysia tidaklah mudah, apalagi berbicara biaya yang harus dibayar untuk pemulangan satu jenazah hingga mencapai 24 juta rupiah yang sebelumnya hanya 18 Juta rupiah.

Namun setelah Tim Haji Uma berkomunikasi dengan pihak keluarga dan para sahabat Almarhum di Sekinchan Malaysia kebutuhan dana tersebut dapat terkumpul, diantaranya dari keluarga sebesar 15 Juta rupiah, dari sahabat almarhum dibawah koordinir Ary dan Saiful Amri terkumpul 3 juta rupiah dan sisanya 6 juta rupiah ditanggung Haji Uma.

"Insya Allah Jenazah Safrizal akan diterbangkan 17 April 2022 dari Kuala Lumpur menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda, selanjutnya tanggal 18 April 2022 akan diterbangkan dari Jakarta menuju Kualanamu Sumatera Utara dan akan tiba sekira pukul 09.30 Wib" ucap Haji Uma Kamis 14/4/2022.

Selain membantu pemulangan jenazah sampai ke Kualanamu, Haji Uma juga meminta bantuan jasa ambulance dari BP3TKI Aceh untuk menjemput dan mengantar jenazah Safrizal ke rumah duka di Langkahan Aceh Utara.

"Oleh kepala BP3TKI Aceh Jaka Prasetiyono langsung berkomunikasi dengan Balai Sumatra Utara meminta untuk menyiapkan armada penjemputan di Bandara Kuala Namu" ujar H. Sudirman sapaan akrab Haji Uma.

Haji Uma mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu pemulangan jenazah Safrizal dan Haji Uma juga menyampaikan duka citanya kepada keluarga yang ditinggalkan 

"Kita berharap keluarga dapat tabah dan iklas menerima cobaan ini, apalagi kepergian Safrizal dalam bulan Suci Ramadhan, Kita doakan semoga Allah SWT menempat Almarhum Safrizal disinya, Amin" tutup Haji Uma.
Share:
Komentar

Berita Terkini