-->

Harga Bahan Kue Mahal, Pedagang Kuliner Mengeluh

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP–Beberapa pembuat kue di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, mengeluhkan harga bahan baku produksi terutama telur,tepung dan gula naik tajam dalam sepekan ini.

"Bagaimana kita tidak mengeluh kalau harga telur, tepung dan gula terus naik, sedangkan komoditas tersebut merupakan bahan baku untuk membuat kue," kata salah seorang pembuat kue sekaligus penjual kue bolu, Fatimah saat ditemui beritaacehpoe.net, Jum'at 14/1/2022.

Ia mengatakan, harga telur saat ini Rp1.700 per butir dari harga sebelumnya Rp1.100 dan harga gula pasir menjadi Rp.14.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp.12.000 per kilogram.Tepung menjadi Rp 10.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 8.000 per kilogram.

"Kenaikan komoditas tersebut cukup signifikan sehingga modal untuk membuat kue semakin besar, sementara harga jual mesih rendah" ujarnya.

Dilanjutkannya bahwa untuk menyiasati agar tidak mengalami kerugian besar, dirinya tetap memproduksi kue bolunya hanya menurut pesanan. 

"Kalau tidak pintar-pintar menyiasatinya, bisa-bisa usaha saya ini terpaksa harus tutup alias bangkrut," lanjut Fatimah.

Ia berharap harga telur ayam, gula pasir dan tepung bisa kembali normal supaya tidak membebani masyarakat terutama para pengusaha kue.

"Saya sangat berharap agar harga bahan baku untuk membuat kue kembali stabil, agar nantinya masyarakat tidak terlalu terbebani dengan harga seperti saat ini" harapnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini