-->

Mahasiswa Unimal Ajari Murid SD Menabung Sejak Dini

Redaksi author photo

Aceh Timur, BAP--Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe yang tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN-MK) kelompok 192 di Desa Blang Jambe, Kecamatan Julok, Aceh Timur mengajari anak-anak di sekolah dasar (SD) di desa tersebut. 

"Pada kegiatan itu kita mengajari  cara menabung sejak dini kepada murid SD yang terletak di Desa Blang Jambe," ujar seorang Mahasiswi yang tengah mengikuti KKN-MK, Nisya Miftahul Rahmi kepada beritaacehpoe.net, Minggu 7/11/2021.

Mahasiswa Jurusan Agribisnis ini mengatakan ide untuk membuat  kegiatan menabung sejak dini merupakan salah satu program mahasiswa selama melaksanakan KKN di Desa Blang Jambe.  

Katanya, dengan adanya program kerja tentang cara menabung sejak dini diharapkan murid SD Blang Jambe mendapatkan pemahaman tentang menabung dan mampu menerapkannya di usinya remaja.

"Kegiatan ini juga mendapat respon yang sangat baik dari kepala sekolah SD Blang jambee ungkap anggota KKN K192. Kegiatan mengajari menabung  dilakukan pada anak kelas 5 SD dengan alasan supaya mereka memiliki tabungan ketika akan menempuh jenjang pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP)," tutur Nisya sapaan akrab Nisya Miftahul Rahmi.  

Selain itu, kata Nisya,  pihaknya juga memberikan celengan ke[pada murid SD, mahsiswa tersebut juga menerapkan kepada anak-anak untuk menyisakan uang jajan mereka sebanyak Rp 2 ribu/hari, karena rata-rata uang jajan murid di SD itu sebesar Rp 5 ribu/hari. 

Katanya, cara menabung dilakukan pada anak kelas 5 SD dengan alasan supaya mereka memiliki tabungan ketika akan menempuh jenjang pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

"Jika anak-anak  mulai menabung Rp2 ribu dalam satu hari maka mereka akan memperoleh tabungan sebanyak Rp740 ribu dalam setahun, seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit," ujar Ketua  Ujar kelompok 192 itu.

Mahasiswi yang ikut Kelompok Kegiatan KKN-MK 192 berada di bawah dosen pembimbing (DPL) Nazaruddin S.Sos, M.A.P,  yaitu Nisya Miftahul Rahmi  jurusan Agribisnis, Zubaidah, Maulina (Ekonomi Pembangunan), Utia Rahmi (Akuntansi), Nuravivah (Teknik Informatika), Sri Wahyuni (Agroekoteknologi), Cut Novianti (Administrasi Publik), dan Rahmaniati (Manajemen).
Share:
Komentar

Berita Terkini