-->

Dinkes Aceh Utara Lakukan Pengukuran dan Publikasi Data Anak Stunting

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 11 November 2021, mengadakan kegiatan pengukuran dan publikasi data stunting tingkat Kabupaten tahun 2021, bertempat di Gampong Seumirah Kecamatan Nisam Antara.

Kegiatan ini dihadiri para stakeholder terkait di daerah ini, di antaranya para pejabat dari Dinas Kesehatan setempat, pejabat dari Bappeda, Dinas Sosial dan PPPA, Dinas Pemberdayaan Masyarakat PP dan KB, Ketua TP-PKK Aceh Utara Hj. Cut Ratna Irawati, S.E, para Kepala Puskesmas, pejabat Muspika Nisam Antara, aparatur gampong se-Kecamatan Nisam Antara dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, S.K.M, dalam laporannya mengatakan publikasi data stunting dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi tentang stunting serta angka stunting di daerah ini, strategi penanganannya, dan upaya-upaya yang harus dilakukan bersama untuk menurunkan angka ini.

Sebelumnya, kata Amir, Bupati Aceh Utara pada Februari 2021 telah menetapkan 20 desa Lokus stunting di Aceh Utara. 

Untuk menurunkan angka stunting Kementerian Kesehatan telah menetapkan delapan aksi integrasi. Aksi pertama, lanjut Amir, adalah analisis situasi, aksi kedua rencana kegiatan. 

Aksi ketiga rembuk stunting. Dan aksi keempat penyusunan Perbup tentang peran desa terkait stunting.

Berikutnya, aksi kelima pembinaan kader KPM, aksi keenam sistem manajemen data. 

"Dan untuk saat ini kegiatan yang kita lakukan merupakan langkah aksi ketujuh, yaitu pengukuran dan publikasi stunting, di mana pada akhir tahun ini akan kita lakukan review kinerja, dan untuk tahun depan akan ada penambahan kecamatan, desa Lokus stunting," kata Amir Kamis 11/11/2021.

Dengan adanya kerjasama antar SKPK dan semua pihak, lanjut Amir, diharapkan penatalaksanaan dan penurunan angka stunting dapat terlaksana dengan baik. 

"Ke depan, mulai tahun 2022 kita masih terus berupaya menurunkan angka stunting dimulai dari program pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri yang diperkirakan mereka akan menjadi calon ibu di masa depan, upaya peningkatan kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir, dan anak balita di mana periode 1000 hari pertama kehidupan dimulai," jelas Amir.

Menurut Amir, pengukuran awal terhadap anak stunting di Aceh Utara dilakukan akhir tahun 2020 untuk analisa data terhadap anak stunting. Sekitar 6 ribu dari 37 ribu balita di daerah ini pada tahun 2020 ditemukan mengalami pendek saat lahir (stunting) atau sekitar 15 persen.

Untuk itu, Pemkab Aceh Utara menargetkan untuk menurunkan angka stunting dimaksud secepatnya.

Diharapkan pada tahun 2022 angka stunting semakin menurun berada di bawah standar yang ditentukan Kementerian Kesehatan.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan itu Kabid Kesmas Dinkes Aceh Utara Samsul Bahri, S.K.M, M.K menyebutkan bahwa publikasi angka stunting yang dilakukan di Gampong Seumirah Kecamatan Nisam Antara merupakan tindak lanjut dalam rangka aksi menurunkan angka stunting di daerah ini.
Share:
Komentar

Berita Terkini