-->

Abdul Jaban, S.Pd, M.Pd, Kacabdin Pendidikan Aceh Yang Bijak

Ismail Abda author photo

Aceh Timur, BAP--Abdul Jaban, S.Pd, M.Pd adalah kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Aceh Timur. Ia dilantik bulan Mei 2021 lalu. 

Sebelumnya Abdul Jaban menjabat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Kota Langsa, Di Langsa Abdul Jaban sempat bertugas lima Tpahun setengah. 

Abdul Jaban sempat memangku jabatan Kepala PPMG WILAYAH IV yang membawahi Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang 

Abdul Jaban,  memang bukan pemimpin yang hanya pandai menegur atau memerintahkan para kepala sekolah serta para gurua. Tapi Ia juga sosok yang bijak dalam mengambil sebuah sikap. 

Sikap bijak Abdul Jaban terlihat oleh penulis ketika melakukan konfirmasi terkait adanya pengutipan uang ambil ijazah di sebuah SMA di Aceh Timur awal Agustus lalu.

Setelah Saya dipersilakan duduk, Abdul Jaban langsung mempertanyakan maksud dan tujuan kedatangan saya. setelah memperkenalkan diri saya pun mengajukan konfirmaai terkait pengutipan uang ambil ijazah tersebut.

Dengan penuh keakraban, bahasa yang santun,  Abdul Jaban menjawab dengan bijak, bahwa semua jenis pengutipan tidak dibanarkan  disemua sekolah dengan alasan apapun.

Abdul Jaban menambahkan, jika yang saudara konfirmasi benar adanya, mungkin itu hasil kesepakatan antara wali murid dengan komite sekolah. 

Nah!, Lanjutnya, kami dari Dinas Pendidikan tidak punya hak untuk mempertanyakan atau meng-intervensi komite Sekolah. 

"Komite Sekolah bernaung dibawah Majelis Pendidikan Aceh (MPA) dan bertanggungjawab kepada kepala sekolah, kami dari Dinas tidak boleh campur tangan". Ujarnya. 

Abdul Jaban menambahkan, pundemikian Ia meminta waktu untuk memberi jawaban konfirmasi yang tepat setelah memanggil Kepala Sekolah. 

"Karena sudara telah datang konfirmasi ke saya,  saya harus menjawabnya, tapi berikan saya waktu untuk saya panggil dulu kepala sekolah, sehingga saya tidak salah memberi jawaban" pinta Jaban dengan nada bersahabat. 

Setidaknya begitulah sikab bijak Abdul Jaban saat melayani saya sebagai insan Pers yang datang untuk konfirmaai demi memenuhi nilai sebuah berita. 

Memang setiap orang  tidak sama dalam memaknai kepemimpinan, artinya dengan sudut pandang yang berbeda-beda. 

Tak ada yang salah dengan hal itu. Selama kepemimpinan dianggap sebuah bentuk keadilan dan selalu mementingkan kepentingan bersama dibandingkan pribadi. 

Akhir kata, semoga dengan kehadiran Abdul Jaban yang bersikap bijak sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh  Wilayah  Aceh Timur dapat memajukan Sekolah di Aceh Timur.

Dan dengan sikap bijaknya pula dapat membangkitkan gairah para kepala sekolah, guru, dan pendidik lainnya untuk meningkatkan prestasi anak didik. Semoga!.
Share:
Komentar

Berita Terkini