-->

Peletakan Batu Pertama Dayah Cabang Abu Paya Pasi di Bantayan

Zulkarnaen author photo


Aceh Utara, BAP--Ulama karismatik Aceh Tgk. H. Muhammad Ali bin Teungku H. Abdul Muthalleb atau lebih dikenal Abu Paya Pasi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Dayah cabang Abu Paya Pasi di Desa Bantayan Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara.

Peletakan batu pertama langsung dilakukan oleh Abu Paya Pasi, Jum'at 30/07/2021. Peletakan batu pertama juga dihadiri jajaran Muspika beserta masyarakat setempat.

Peletakan batu pertama diawali dengan Tausyiah Abu, setelah itu di lanjutkan dengan membaca doa dan peusijuek (tepung tawar, red).

Abu Paya Pasi dalam tausyiahnya mengingatkan agar pembangunan dayah ini dapat dikerjakan dengan tuntas dan selalu aktif dalam melangsungkan pendidikan agama. 

Abu mengatakan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan agama ini, tidak mesti menunggu seluruh bangunan rampung dikerjakan.

"Langsung digelar pengajian dan pendidikan Islam. Nanti seiring waktu pasti sudah ada donatur yang bersedia menyumbang. Tapi kalau tidak diaktifkan, donatur pun ragu-ragu membantu pembangunan" kata Abu Paya Pasi.

Sementara itu disela-sela acara ketua panitia pembangunan Dayah dan juga menjabat sebagai Geuchik Di desa tersebut,Fazal Umri saat diwawancara wartawan mengatakan, Dayah ini merupakan cabang dari Dayah Bustanul Huda Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur.

Kontruksi Dayah akan dibangun diatas tanas seluas 2.700 meter persegi. yang diharapkan bisa menampung 200 hingga 300 santri.

"Kami berharap dukungan dari semua pihak terutama Pemkab Aceh Utara agar membantu pembangunan dayah ini untuk mendidik generasi muda ke depan" pungkas Geuchik Fazal Umri.
Share:
Komentar

Berita Terkini