-->

Pedagang Kue Musiman Menjamur Menjelang Lebaran

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Puluhan pedagang kue musiman menjelang Hari Raya Idul Adhah 1442 H/2021, di Kota Panton Labu Kecatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, mengeluh akibat sepi pembeli.

Mereka mengait rezeki ditemgah pandemi Covid-19 menjual aneka kue lebaran berbagai jenis. Kue kering itu dipasarkan berbagai jenis produk lokal, kecuali jenis kacang-kacangan yang didatangkan dari Medan Sumatera Utara.

Tidak mengherankan, pedagang pun memanfaatkan momen itu dan menjual beragam kue yang cocok untuk hidangan Lebaran. Rata-rata, yang terlihat mulai dijual sekarang ini, dominan kue kering dengan berbagai motif dan rasa.

Amatan beritaacehpoe.net diseputaran Kota Panton Labu, kehadiran pedagang kue Lebaran itu sudah menjamur, rata-rata mareka pedagang kue Lebaran dadakan.

Di sepanjang jalan Asia, terlihat, penjual kue Lebaran sudah berjejeran. Posisi mereka juga berdekatan.

"Kue nastar Rp 90.000/kg, kue kacang juga. Kacang sor dan kacang artis Rp 90.000/kg," kata Dina pedagang kue Lebaran, saat ditemui beritaacehpoe.net, Sabtu 17/7/2021.

Hal yang sama juga diakui Halimah, pedagang kue Lebaran lain. Memang, harga jual para pedagang ini relatif sama. Kue yang tersedia, terlihat beragam jenis.

"Biar semua yang dicari ada, kalau mau kue ini, ada. Mau yang itu, ada juga," ucap Halimah

Namun, satu hal yang terungkap saat itu, ternyata dari banyak ragam kue Lebaran yang dijual, kue lokal buatan warga setempat sangat sedikit.

Diakui pedagang, kue lokal yang ada, hanya Keukarah (sangkar burung). Kebanyakan, kue kering yang dijual semuanya berasal dari Medan Sumatera Utara.

Disinggung soal daya beli masyarakat disaat Pandemi Covic-19 sekarang ini, dikatakan, belum bisa disimpulkan karena waktu berjualan baru tiga hari. Biasanya, warga mulai banyak membeli kue di hari-hari menjelang Lebaran tiba.

"Kalau kue Lebaran sudah tradisi harus ada di rumah. Kan cuma dua kali setahun. Tak bisa yang mahal, yang murah aja," ujar Ainon, seorang warga yang diminta tanggapannya saat membeli kue Lebaran.

Share:
Komentar

Berita Terkini