-->

Terkait Libur Sekolah, Ini Kata Tokoh Pendidikan

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Tokoh Pendidikan Kabupaten Aceh Utara Mawardi, S.Pd.I. M.Psi mengingatkan kepada orangtua agar mengawasi anak-anaknya selama masa libur sekolah.

Pengawasan terhadap anaknya itu di segala bidang, baik disi belajar maupun kegiatan lain yang dilakukan anak-anak, peran orang tua sangat penting untuk kecerdasan anak-anak

"Orangtua harus memberi perhatian lebih kepada anak-anak, khususnya saat menjalani libur sekolah yang dapat dibilang cukup lama," ujar Mawardi saat ditemui beritaacehpoe.net di Balai Pengajian dan Pendidikan Akhlak Anak di Desa Tanjong Ara, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Senin 22/6/2021.

Orangtua perlu mendampingi anak-anak mareka, tetap belajar dan bermain dirumah selama mengisi waktu libur sekolah.

Mantan Kepala Sekolah ini menjelaskan bahwa tidak memanfaatkan libur sekolah untuk jalan-jalan ke Mall atau ke tempat-tempat keramaian untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang dapat menyebabkan Covid-19.

Dirinya menghimbau orang tua untuk mengawasi pergaulan anak-anak mereka, khususnya yang memasuki masa remaja.

Menurutnya, anak-anak yang memasuki masa remaja harus diberi perhatian lebih, agar mereka tidak terjerumus pada pergaulan yang salah, yang dapat merusak masa depan anak-anak itu sendiri.

"Kita tentunya tidak menginginkan generasi muda terjerumus pada pergaulan yang salah. Oleh karena itu, pada masa libur orangtua harus memberi perhatian lebih kepada anak-anak," pesan Mantan Kepala Sekolah itu.

Moment liburan, lanjut  Wardi, harus dimanfaatkan oleh guru dan kepala sekolah itu mempersiapkan apabila pemerintah memutuskan siswa harus masuk sekolah seperti, pengaturan kelas, penyediaan tempat cuci tangan, pengaturan jaga jarak dikelas, toilet,kantin,ruang perpustakaan dan tempat ibadah.

"Apabila bulan Juli para peserta didik harus masuk Sekolah" tutur Pak Wardi.

Salah seorang-orang tua siswa, Rusli juga mengaku khawatir, bila Sekolah dibuka tanpa Protokoler Kesehatan (Protkes) yang jelas.

Menurutnya, keselamatan dan kesehatan anak tetap yang terpenting. "Kita berdo'a semoga kondisi ini cepat berlalu," pungkasnya.

Dirinya berharap orang tua harus memberi pelajaran tambahan, semacam les, dan pelajaran lainnya yang dapat mencerdaskan.

"Kita tahu selama covid pembelajaran disekolah tidak maksimal, oleh karena itu orang tua jangan berlepas tangan terhadap pendidikan anak" harapnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini