-->

Puluhan Pencari Suaka Terdampar di Pilau Idaman

Redaksi author photo

Aceh Timur, BAP--Puluhan warga Rohingya terdampar di perairan Aceh Timur tepatnya di Kuala Simpang Ulim, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur Jum'at 4/6/2021.

Informasi yang diperoleh beritaacehpoe.net dari sumber tepercaya, menyebutkan bahwa puluhan warga ednis Rohingya itu terdampar sekitar pukul 06:00 WIB, pagi, oleh warga sekitar.

Puluhan Manusia Perahu itu terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Mereka menumpangi satu unit Kapal Boat berlayar dari Negaranya untuk mencari Suaka Politik.

Sementara itu Kabag Ops Polres Aceh Timur AKP Salmidin kepada beritaacehpoe.net di lokasi terdamparnya Pencari Suaka itu mengatakan jumlah warga suku Rohingya yang terdampar tersebut sebanyak 81 0rang.

"Untuk sementara waktu masih di Pulau Idaman, Desa Kuala Simpang Ulim, tempat pertama mereka nyandar," kata Salmidin.

Dilanjutkannya untuk sementara suda di tangani pihak Pemerintah, dan TNI/Polri, BNPD, juga Gugus Tugas sudah melakukan pemeriksaan terhadap warga Rohingya yang berada di Pulau Idaman.

"Untuk tanggap darurat kita telah memberi bantuan berupa Beras, Mie Instan, Pakaian, dan dari Gugus tugas juga telah mengecek kesehatan juga memberi obat-obatan untuk mereka" lanjutnya.

Lebih lanjut AKP Salmidin menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan UNHCR, TNI, Imigrasi, untuk selanjutnya kemana mereka di bawa.

"Kita telah melakulan koordinasi dengan UNHCR, Imigrasi, langkah selanjutnya kemana mereka akan di bawa, karna yang memiliki kewenangan adalah UNHCR" lanjut AKP Salmidin.

Untuk berapa lama para pencari suaka itu bisa tinggal di Pulau itu pihaknya belum bisa memastikan, pihak nya hanya memberi bantuan tanggap darurat bagi pencari suaka itu.

"Kita menghimbau kepada warga disini agar jagan terlalu dengan pengungsi Rohingya, karna kita belum tau apakah mereka terjangkit Virus Corona atau tidak, karna Gugus tugas belum melakukan Rapit terhadap mereka, mungkin dalam wktu dekat gugus tugas akan melakukan Rapit tethadap mereka" hibaunya.

Share:
Komentar

Berita Terkini