-->

Bulan Purnama Dan Gelombang Besar Membuat Harga Ikan Naik

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Cuaca buruk disertai gelombang tinggi dan angin kencang dalam beberapa hari ini membuat sejumlah nelayan setempat enggan melaut. 

Akibatnya pasokan ikan berkurang dan berdampak pada kenaikan harga di pasar tradisional Kota Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara, Minggu 27/6/2021.

Beberapa jenis ikan laut yang mengalami kenaikan harga, diantaranya ikan Gembung dari Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Sementara Ikan Dencis  dari Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 40 per kilogram. Ikan tongkol besar (Ame-ame) dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram. 

"Memang naiknya sekitar Rp 5.000 rupiah, dan itu sudah terjadi sejak bebera hari lalu. Kenaikan harga ini disebabkan gelombang besar dan bulan purnama," kata Rusli pedagang ikan yang biasa disapa Toke Roeh saat ditemui beritaacehpoe.net, Minggu 27/6/2021.

Dikatakan. Cuaca sering berubah-ubah di laut, apalagi sekarang ini bulan terang dan itu bisa berdampak terhadap kenaikan harga ikan

Kenaikan harga ikan dalam beberapa hari ini juga dikeluhkan Abdurrahman salah seorang penjual nasi, harga ikan naik, harga sembako juga mahal, meskipun semua harga barang mahal.

"Sedangkan harga nasi yang kami jual masih normal tidak bisa kami naikkan, pembeli semakin berkurang, kami hanya bisa pasrah dengan kenaikan semua harga barang ditengah Pandemi saat ini," tuturnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini