-->

Tekait Covid-19, Ini Harapan Kadinkes Aceh Utara Kepada Puskesmas

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM mengharapkan kepada pihak puskesmas memahami teknis pencegahan dan penanganan setelah dilakukan sosialisasi tanggap virus corona atau covid-19.

Terlebih, menurut ia Puskesmas merupakan garda terdepan. Sehingga perannya sangat penting termasuk dalam mencegah maupun mendeteksi secara dini penyebaran virus tersebut.

"Kami harapkan mereka mampu mendeteksi dini dari awal, mampu merujuk, mampu melakukan penanganan sesuai dengan protap Kementerian Kesehatan dan Dinkes setempat" papar Amir pada apel gabungan di Mapolsek Kecamatan Tanah Jambo Aye, yang didampingi langsung Kapolsek Tanah Jambo Aye AKP Ahmad Yani. SE, dan unsur Muspika lainnya, Senin 3/5/2021 kemarin.

Hal itu disampaikan Kepala Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM kepada beritaacehpoe.net Selasa 4/5/2021.

Dijelaskan bahwa sosialisasi tanggap virus corona, apalagi wilayah Kecamatan Tanah Jambo Aye memiliki potensi rawan Virus-virus yang melanda selama ini.

"Ini karena sangat  dekat dengan kabupaten Aceh Timur dan mobilitas penduduk cukup tinggi. Oleh sebab itu, Sehingga, penting dilakukan pencegahan dan perhatian semua elemen dalam menjaga kesehatan dan kebersihan" katanya.

Menurutnya untuk mengantisipasi hal itu pun pihaknya telah melaksanakan sosialisasi disemua Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

"Kita punya Tim Gerak Cepat dari Dinas kesehatan adalah dengan tim ini kami berbagai lintas sektor untuk bekerja sama," ujarnya.

Dia menambahkan, tidak kalah pentingnya adalah melakukan promosi kesehatan (Promkes) bekerja sama dengan lintas sektor yang ada di kecamatan-kecamatan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas.

"Sehingga tahu apa yang perlu dilakukan, bagaimana pencegahan, supaya tidak panik dan lain. Dengan adanya antar lintas sektor ini semoga koordinasi antar lintas sektor dapat terjaga dengan baik khususnya di bidang kesehatan sehingga kinerja dari setiap sektor dapat meningkat," pungkas Amir Syarifuddin.

Share:
Komentar

Berita Terkini