-->

Novel Baru Bercerita tentang Hutan Karya Boy Abdaz

Redaksi author photo

beritaacehpoe.net--Bagi anda peminat novel, kini telah hadir sebuah Novel berjudul Raifa dalam Dekapan Selembu, karya Boy Abdaz. Novel ini dicetak pertama kali pada Mei 2021 oleh penerbit Bandar Publishing di Banda Aceh.

Novel ini merupakan kilas balik apa yang terjadi dengan lingkungan kita khususnya hutan yang menyediakan berbagai macam sumber hayati. Hutan selama ini menjadi korban korporasi dan tangan-tangan tak bertanggungjawab. 

Hutan menjadi rusak dan akhirnya mempengaruhi keseimbangan hutan, keseimbangan hidup bagi manusia dan satwa.

Alur cerita novel ini diperankan tokoh Raifa, seorang gadis remaja yang menjadikan hutan sebagai sahabat.

Dia mempunyai interaksi yang kuat dengan hutan di sekelilingnya, sehingga ia seperti tidak asing bagi siapapun, seperti ada unsur-unsur yang sama dengan alam terpapar di auranya. 

Raifa pada akhirnya menemukan jalannya sendiri ketika tergabung dalam beberapa komunitas peduli lingkungan yang dapat mengaktualisasikan kedekatannya dengan hutan yang dibantu Meutia, seorang aktifis lingkungan yang masih saudara ayahnya. 

Raifa berhasil pada beberapa pencapaian, penghargaan sampai menjadi Duta Hutan, ketika hampir bersamaan ia juga menerima surat balasan dari Presiden!.

Novel ini juga tidak luput dari konflik batin ketika Raifa melewati masa-masa pahit kehilangan orang tuanya dalam musibah banjir akibat keseimbangan Selembu yang terusik. Selembu adalah sebuah kawasan pegunungan yang menjadi bagian dari ekosistem di wilayah yang dilindungi di Syah Alam, tempat Raifa dan keluarganya hidup dan bersosialisasi.

"Kita mulai melupakan kebutuhan kita sendiri. Mungkin karena alam menyediakannya secara gratis, itu menjadi seperti tidak bermakna," ujar Boy Abdaz. Ia berharap novel ini dapat menjadi bagian terkecil dari upaya-upaya untuk kembali melihat alam dengan bijak. 

"Ini isunya agak unik, tapi harapan saya ini mampu membuka ruang bagi kita untuk melihat hutan secara bijak. Dan remaja disarankan baca ini, agar mereka memahaminya lebih awal, jadi bisa untuk pencegahan" tambahnya.

Raifa merupakan buku ketiga Boy Abdaz, tahun 2009 ia meluncurkan sebuah Novel berjudul Jejak Damai Aceh (Pergulatan Batin Aneuk Aceh) dan Proses Damai Aceh: 

Model Resolusi Konflik di Indonesia dirilis pada 2015 sebagai rangkuman peristiwa yang terjadi pada saat proses damai Aceh ditengahi pihak internasional.

Novel Raifa dalam Dekapan Selembu layak dibaca semua usia dan tata bahasanya telah melalui meja editor Aceh yang paling kritis secara kebahasaan saat ini, Ihan Sunrise. Jika anda ingin membaca secepatnya silahkan melipir ke https://bandarpublishing.com/raifa-dalam-dekapan-selembu/
Semoga bermanfaat.
Share:
Komentar

Berita Terkini