-->

Berwisata di Tengah Pandemi Harus Taat Prokes

Redaksi author photo

Aceh Utara, BAP--Sejumlah kawasan obyek wisata di Kabupaten Aceh Utara, selama libur lebaran dikunjungi wisatawan lokal. Meski kondisinya tidak seramai seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda, paling tidak kunjungan kali ini bisa memberi sedikit angin segar bagi pelaku usaha di kawasan wisata.

Meski demikian disiplin penerapan protokol kesehatan tetap menjadi perhatian serius seluruh pengelola pariwisata, dan diawasi ketat agar nantinya tidak sampai kecolongan menjadi klaster baru. 

Seperti disampaikan Abdurahman pengelola Cafe di Pantai Lhok Puuk atau Pantai Ungu, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, untuk hari libur lebaran kali ini diperkirakan hampir ribuan pengunjung yang datang dari berbagai pelosok Kota, Minggu 16/5/2021.

Amatan beritaacehpoe.net di pantai Lhok Puuk, pengungjung terus memadati tempat wisata pantai, pun demikian wisata yang berwisata di Lhok Puuk tidak dapat di prediksi berapa julah pengunjung perempuan dan jumlah Lelaki, mengingat tidak di pungut biaya masuk.

Didominasi pengunjung lokal ini memilih berlibur ke obyek wisata lantaran tidak bisa mudik lebaran tahun ini.

Bahkan kesempatan ini digunakan oleh sebagian pemilik kios dan Cafe yang membuka usahanya dengan harapan dagangannya akan laku terjual. 

"Ada sekitar 20 kios dan Cafe yang buka memanfaatkan momen liburan kali ini, dan memang jumlah kunjungan lumayan banyak dibandingkan hari biasanya yang hanya tembus di angka 400-500 orang," kata Abdurahman.

Begitupun untuk pengawasan pada pengunjung baik itu protokol kesehatan maupun keselamatan untuk di pinggir pantai tetap dilakukan oleh petugas setempat.

Jika ada yang kedapatan tidak memakai masker dengan benar, maka petugas memberikan pembinaan dan edukasi tentang kesehatan.

Seorang pengunjung, Gunawan asal Panton Labu, bersama pasangannya, memilih liburan ke obyek wisata di hari ke empat lebaran, lantaran tak bisa Keluar Daerah ketempat sanak saudaranya.

Ia hanya bisa silaturahmi dengan sanak saudaranya melalui video call sekedar melepas rasa kangen pada sanak saudara.

"Besok kalau kondisi mulai aman dan sudah diperbolehkan baru kami pulang, sementara disini dulu lebaran," terangnya, sembari mengatakan dirinya berada di Aceh. 

Kondisi serupa juga terlihat di kawasan Ulee Reubek atau lebih dikenal Pantai Bantayan Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Dimana selain Pantai Ungu, Pantai Bantayan juga kawasan obyek wisata di Aceh Utara yang kerap dikunjungi wisatawan lokal.

Dewi wisatawan asal Kota Langsa menyebutkan bahwa daya tarik wisata sudah mulai ada dibandingkan hari-hari sebelumnya.

"Sudah mulai ramai, hari ini minggu 16/5/2021 red, kita perkirakan lebih kurang ada 600 pengunjung, semakin ramai semakin semarak dan maju lokasi ini," ujarnya.

Seperti di ketahui Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin. SKM, melakukan pembagian Masker kepada pengunjung wisata pantai melalui Pukesmas setempat.

Meski demikian, jelas Camat Sunuddon Muslim, Petugas Keaman yang tergabung dalam Muspika setempat selalu meningkatkan disiplin protokol kesehatan untuk warga dan pengunjung agar menggunakan masker.

"Hanya saja sebatas pembinaan, misalnya saja habis makan lupa pakai masker lagi yang benar itu saja, kalau sampai melanggar tidak ada tindakan yang lebih," pungkas Muslim Camat Seunuddon.

Share:
Komentar

Berita Terkini