-->

23 Gampong Ikuti Sosialisasi SDG's Di Langkahan

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Implementasi era digital yang serba online, PDTT RI melalui nomor peraturannya 21 tahun 2021 telah meluncurkan basis data aplikasi desa dengan program Suitanable Development Goal's (SDG's). Program ini sedang diaplikasikan secara menyeluruh di setiap daerah di Indonesia, tidak terkecuali Aceh Utara.

Sebanyak 23 Gampong (desa) di Kecamatan Langkahan telah sukses menyerapi program SDG's yang, setelah melaksanakan sosialisasi terkait pendataan Gampong secara konpehensif selama dua hari di Aula Balai Desa Kecamatan Langkahan, Rabu 5/5/2021 dan Kamis 6/5/2021.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan internal desa di bawah koordinasi Forum Geuchik Langkahan yang difasilitasi oleh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PD/PLD).

"Sosialisasi ini langsung kita libatkan Tenaga Ahli (TA) pendampingan desa dari Kabupatèn," ujar Abdullah Husen selaku ketua Forum Geuchik Langkahan usai penutupan acara oleh Camat setempat, Ramli Jazuli, SE. 

Menurutnya, sosialisasi ini sangat membantu data proses pendataan Gampông, mengingat masa-masa yang sulit dan dak-dakkan saat ini.

"TA menjelaskan petunjuk tehnis penggunaan aplikasi SDG's dan pendataan manual kuisioner Gampong. Kami menilai usai sosialisasi ini Gampong di Langkahan telah dibekali," lanjutnya.

Tenaga Ahli pendampingan Gampong yang menjadi Instruktur dalam sosialisasi lebih jelas mengatakan, basis data SDG's salah satu program negara-negara yang terhimpun dalam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menggantikan program Millenium Development Goal's (MDG's) yang dibatalkan pada tahun 2015 silam.

"Dalam pendataan ini langsung melibatkan Pemerintahan Desa, mereka akan melakukan pendataan tingkat individu warga dusun dengan dengan data yang lengkap dan konkret," ujar Mukhtarisyah tenaga pendampingan kabupaten, Kamis 06/05/21.

"Dengan SDG's data Gampong akan ril, dan inilah yang kita harapan, karena selama ini masih banyak dijumpai ketimpangan, baik kewilayahan mau jumlah KK dan jiwa masyarakat suatu desa," tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini