-->

Stock Kacang Hijau Kosong di Pasar Pantonlabu

Abdul Rafar author photo


Aceh Utara, BAP--Kacang hijau yang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat, kini sulit ditemukan di pasar Kota Pantonlabu, Aceh Utara.

Menghilangnya salah satu komoditas yang memiliki nilai gizi tinggi ini rupanya karena stok kacang hijau di sejumlah agen di Medan (Sumut) habis alias kosong.

Amatan beritaacehpoe.net, di pasar tradisional ujung timur Aceh Utara, Rabu 14/4/2021 kelangkaan stok kacang hijau hampir terjadi di seluruh pedagang sembako.

Para pedagang mengaku saat ini kacang hijau sangat sulit ditemukan lantaran tidak ada stok di tingkat agen.

Menurutnya. Di beberapa toko memang masih terlihat kacang hijau yang masih dijual, namun menurut pedagang itu merupakan stok sisa yang didapat dari agen beberapa pekan lalu.

"Sudah beberapa hari ini memang tidak ada barang yang masuk dari Medan (Sumut), makanya di agen juga tidak ada barangnya," kata Ibrahim, salah satu pedagang di pasar tradisional kota Pantonlabu.

Belum diketahui pasti penyebab menghilangnya kacang hijau menjelang bulan suci Ramadhan.

Mereka mengatakan, kacang hijau selama ini disuplai dari Medan.

Sejumlah pedagang juga mengaku akibat kosongnya kacang hijau akan terpengaruh juga dengan naiknya harga pada jenis kacang lainnya.

"Kita tanya ke agen tapi jawab mereka masih kosong,dan mereka tidak bisa memberi kabar yg pasti,sampai kapan kelangkaan ini" tutur Hasballah

Warga meminta supaya pemerintah dapat mengatasi masalah kelangkaan kacang hijau agar tidak terjadi terus-menerus di seluruh pasar yg ada  Kabupaten Aceh Utara.

"Saya ini penjual roti dan bubur, apalagi ini sudah memasuki bulan puasa yang selalu membutuhkan kacang hijau untuk membuat segala macam bukaan, saya sudah cari kemana-mana tapi kacang hijau memang lagi langka.Makanya kami berharap pemerintah juga bisa membantu kami agar ketersediaan kacang hijau dapat tetap terjaga dengan baik," harap Umi.

Share:
Komentar

Berita Terkini