-->

Pendidikan Hafidz-Hafidzah Terus Tumbuh di Mesjid Abu Keumala

Zulkarnaen author photo

Aceh Utara, BAP--Minat menghafal Alquran terus diminati anak-anak di Kecamatan Seunuddon kabupaten Aceh Utara hafidz dan hafidzah terus mendaftar kan diri pada panitia . 

Dari halaman masjid, Kamis 15/4/2021, terlihat jelas, anak-anak pria dan wanita sibuk menghafal ayat demi ayat, sambil memengang masing-masing satu kitab suci Alquran di tangan.

Mereka telah dikelompokkan dengan jumlah 28 anak dan setiap kelompok dibimbing satu ustadz Munawir S.Hi

Kelompok kedua dengan jumlah 30 anak dibimbing oleh Ustadz Mukhbir dan beberapa Remaja Mesjid yang ikut mengontrol anak anak.

Walau terlihat setiap anak sibuk dengan hafalan masing-masing, jika telah tiba giliran, maka diminta hafalannya untuk disetor pada ustadz yang telah ditunjuk.

Memang, Masjid Baiturrahim Abu Keumala menjadi salah satu masjid yang dipilih panitia, untuk melaksanakan program Daurah Tahfizh 20 hari menghafal alquran Kusus dibulan Ramadhan.

Dari puluhan anak-anak di sana, terdapat seorang peserta bernama Eka Putri (15). Ditemui media ini disela-sela kegiatannya menghafal, dia mengaku senang bisa menjadi salah satu peserta menghafal alquran.

Menurutnya, program seperti ini diminati banyak anak-anak, termasuk dirinya karena bisa tinggal di rumah masing-masing, dan hanya datang dipagi hari untuk menambah ilmu serta setoran hafalan sejak pukul 9.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

Ketua BKPRM Kecamatan Seunuddon sekaliagus Remaja Mesjid Abu Keumala Muksin S.P.di.M.P.D mengatakan Program ini akan kita lakukan setiap tahun di bulan Ramadhan semoga ini menjadi motivasi begi anak anak yang lain sehingga Sukses.

Dia berharap, setelah berakhir program ini, dapat menambah motede-metode khusus dalam menghafal Alquran dan bisa melanjutkan sendiri program hafalan seperti ini di rumah.

"Targetnya, terus menambah hafalan sebanyak-banyaknya, walaupun program ini nanti berakhir. Dan berharap bisa menjadi hafidz yang baik dalam menghafal," harap Muksin.

Sementara itu, Abu Imumsyik Tgk.Ramli Sabil sangat mendukung panitia hafalan di Masjid Abu Keumala, Abu menjelaskan ini merupakan program yang mencetak generasi hafal Al-Qur'an. "Insyaallah akan terus berkembang" ucapnya. 

Ketua BKM Mesjid Abu Keumala Tgk. Saifulrizal S.P.d.i, mengatakan, panitia hanya membebankan setiap peserta dengan biaya Rp. 120 ribu, dari jumlah itu, setiap peserta mendapat sertifikat.

"Ini merupakan biaya yang bisa dijangkau oleh semua kalangan" ujarnya.

Tgk. Saifulrizal menerangkan, program hafalan ini telah dimulai pada tiga ramadhan diakhiri pada 22 ramadhan dengan target, anak-anak dapat menghafal hingga tiga Juz.
 
Tgk. Pon optimis dengan kemampuan guru hingga 60 orang, anak-anak dapat menyelesaikan tiga juz dalam 20 hari.

Kedepan, program ini terus berlanjut maka pihaknya akan mendukung masjid ini dijadikan sebagai tempat kegitan dengan target, setiap Bulan Ramadhan akan menyelenggarakan program hafalan

"Saya melihat, ketertarikan menghafal Alquran tidak hanya ada pada anak-anak. Tapi, juga didukung penuh oleh tokoh masyarakat dan pihak kecamatan Seunddon kata ketua BKM" pungkasnya.

 
Share:
Komentar

Berita Terkini