-->

Antisipasi Wabah Corona, Desa Samakurok Bangun Posko Covid-19

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP–Upaya pencegahan terhadap penularan wabah virus Corona, tidak hanya diperbatasan antar kota dilakukannya.

Kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Covid-19 di tingkat pedesaan juga di lakukan hal serupa.

Seperti yang dilakukan Desa Samakurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, juga melakukan antisipasi penyebaran Covid-19. 

"Kami dari Pemerintahan Desa Samakurok juga membuat Posko Covid-19" Kata Kepala Desa Samakurok Jamaluddin, kepada beritaacehpoe.net Senin 26/4/2021.

Dikatakannya. Pembentukan Posko Covid-19 di Desa-desa Mengacu Ketentuan Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 9 Tahun 2021.

"Posko memiliki fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung" lanjutnya. 

Menurutnya. Dalam menjalankan fungsinya itu, posko dapat mengacu panduan teknis, pembentukan dan operasional posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan. 

Dirinya berujar bahwa terkait anggaran, pemerintah daerah dan masyarakat tidak perlu khawatir karena telah dianggarkan dari dana desa masing-masing daerah.

"Rinciannya, diatur dalam Instruksi Mendagri No. 3 Tahun 2021 dengan surat edaran Dirjen Perimbangan Keuangan No. SE.2/PK/2021," ujarnya.

Dijelaskan bahwa upaya pencegahan dengan membangun posko Covid-19, agar setiap orang yang akan masuk ke Desa Samakurok, wajib dilakukan penyemprotan dan cuci tangan,  hingga dianggap bersih atau steril.

Dengan demikian, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang sama-sama kita ketahui saat ini menjadi permasalahan dunia.

Jamal menjelaskan, mengingat pentingnya gerakan masif yang harus dilakukan, mulai dari diri sendiri rumah tangga lingkungan dan desa guna menekan bahkan melawan penyebaran covid 19 ini yg sangat cepat dan masif, tidak hanya masyarakat yang melintas, pihaknya  juga melakukan penyemprotan ke sejumlah rumah warga. 

 "Hal ini kami juga kami lakukan agar masyarakat desa kami tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran virus Corona. Kami juga meghimbau, seperti anjuran pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah atau desa jika tidak mendesak. Lalu jaga kesehatan dengan selalu membersihkan atau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir," ungkapnya
Share:
Komentar

Berita Terkini