-->

Harga Kacang-kacangan di Pantonlabu Melambung

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Menjelang bulan Ramadhan 2021, harga kacang-kacangan mulai naik di pasar tradisional Kota Pantonlabu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Kenaikan Rp4 ribu sampai Rp6 ribu/kilogram.

Melansir edukatif.net, Minggu (21/3/2021), kenaikan harga tersebut membuat para pedagang sembako dan pembeli mengeluh. Pedagang terpaksa menjual dengan harga lebih tinggi dari biasanya karena menyesuaikan dengan modal yang dikeluarkan.

"Padahal Minggu lalu harga kacang hijau Rp20 ribu/kilogram. Tiba-tiba dalam Minggu ini udah Rp26 ribu/kilogram," ujar Ibrahim, seorang pedagang sembako di pasar tradisional Pantonlabu.

Senada juga dikatakan Muhammad, pedagang sembako di pasar yang sama. Kenaikan harga tidak hanya kacang hijau saja, tapi juga kacang tanah. "Minggu lalu, kami masih bisa jual dengan harga Rp20 ribu/kilogram, sedangkan Minggu ini, terpaksa kami jual dengan harga Rp 24 ribu/kilogram," kata dia.

Sementara Wati (60), seorang penjual pecal di kawasan setempat mengaku harus menyiasati penggunaan bumbu kacang, seperti menyesuaikan takaran dengan harga jualnya, agar tidak rugi karena mengingat mahalnya harga kacang tanah.

"Kami berharap kepada pemerintah atau pihak berwenang untuk dapat mengendalikan harga sembako di bulan Ramadhan, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri," pungkasnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini