-->

Emak-Emak Pidie Perantauan Gelar Acara "Tôt Apam" di Aceh Utara

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Sejumlah emak-emak yang tergabung dalam Komunitas Kaum Ibu Pidie Perantauan, Rabu 10/3/2021, malaksanakan acara Tôt Apam (masak apam) di Balee Trieng Gampong Samakurok Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.

Bagi masyarakat Aceh khususnya warga Kabupaten Pidie dan sekitarnya, acara Tôt Apam merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan pada saat saat tertentu. Adakalanya untuk melestarikan tradisi ini atau untuk sejumlah acara adat lainnya.

Pantauan media ini di lokasi, sejumlah kompor gas diletakkan secara berjejer sebagai alat memasak apam. Sementara ibu ibu komunitas ini juga tampak serius mengolah resep masakan secara serentak.

"Tradisi ini harus digalakkan agar tidak sampai hilang meskipun kami hidup di perantauan. Dengan adanya acara Tôt Apam ini juga mengingatkan kita akan kampung halaman," ucap Nyak Mah (30) salah seorang peserta Tôt Apam.

Nyak Mah berharap engan adanya acara Tôt Apam ini juga menjadi momentum dalam memperkokoh silaturahmi kaum ibu di perantauan.
Share:
Komentar

Berita Terkini