-->

Akibat Gelombang Tinggi Picu Harga Ikan Melambung

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Pasar tradisional Kota Pantonlabu, Kabupaten Aceh Uara biasanya meja lapak jualan dipenuhi ikan segar.

Namun kini mendadak sepi. Kondisi ini terjadi karena sulitnya nelayan mendapat ikan akibat gelombang tinggi dan angin kencang.

Pantauan beritaacehpoe.net di Pasar Kota Pantonlabu Kamis 25/3/2021 terlihat sepi hanya ada beberapa ikan Tongkol yag sudah dibelah di meja pedagang.

Pedagang ikan laut di Pasar tradisional Kota Pantonlabu, Hamdani (50) mengatakan, dalam beberapa hari ini gelombang laut tinggi harga ikan lautpun naik.

"Seperti, harga ikan Gembung biasanya Rp 25.000,-/kg sekarang menjadi Rp 35.000,-/kg, ikan tongkol Rp.25.000,-/kg sekarang naik menjadi Rp 35.000,-/kg, ikan Dencis yang biasanya Rp 30.000 /kg sekarang menjadi Rp.35.000,-/kg" kata Hamdani sembari berujar, hampir semua jenis ikan naik.

Hal senada juga diungkapkan pedagang ikan laut lainnya, Amat (47) mengatakan, ada beberapa jenis ikan laut yang mulai susah dicari seperti cumi–cumi dan selar, alhasil, harga kedua ikan tesebut melambung tinggi.

Ia menambahkan dengan adanya kenaikan harga ikan laut, mepengaruhi penurunan daya beli konsumen.

"Biasanya beli 1 kilogramnya, sekarang cuma beli setengah kilo," ujar Muhammad sapaan akrapnya Amat.

Sementara itu Marlina (40) mengatakan bahwa naiknya harga ikan laut itu cukup dirasakan dampaknya bagi kaum Ibu rumah tangga khususnya masyarakat prasejahtera diseputaran Kota ujung Timur Aceh Utara ini.

"Kami terpaksa membatasi diri untuk membeli ikan karena harganya sangat mahal,naiknya harga ikan basah tentu memberatkan karena penghasilan kami dalam sebulan sangat pas-pasan untuk kebutuhan keluarga dirumah" kata, Marlina seorang ibu rumah tangga yang tinggal yang berdomisili seputaran kota Pantonlabu.

Share:
Komentar

Berita Terkini