-->

221 Juta Lebih Jiwa Sudah Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS

Jamaluddin author photo

Lhokseumawe, BAP—Pemanfaatan Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) oleh masyarakat Indonesia mencapai angka yang cukup tinggi. Memasuki usia 8 tahun implementasinya, sebanyak 221.471.196 jiwa sudah terdaftar dalam program yang dikelola sejak tahun 2014 oleh BPJS Kesehatan ini.

Melansir BPJS-kesehatan.go.id, saat ini, jumlah peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) tercatat mencapai 30.548.055 jiwa atau 13,79% dari total peserta JKN-KIS sebanyak 221.471.196 jiwa. Dari total peserta PBPU tersebut, peserta yang telah mengikuti program autodebit mencapai 4.677.283 jiwa atau 15,31%.

Salah satu peserta yang memanfaatkannya sejak lama adalah Jamalon Abidin. Ia dan keluarganya kerap memanfaatkan jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah untuk membiayai pelayanan kesehatan.

"Dari awal BPJS saya sudah pakai. Kalau ditanya sangat membantu ya sangat sangat membantu, masuk ke rumah sakit jadi ga usah bayar apa-apa," jelas Jamalon kepada tim Jamkesnews.

Pria yang berdomisili di wilayah Desa Kandang Kota Lhokseumawe ini juga menceritakan pengalaman merasakan fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan. "Anak saya ada lima orang, semuanya lahir tidak pakai biaya. Semuanya gratis karena dapat BPJS dari kantor," cerita pria yang kesehariannya bekerja sebagai supir di sebuah perusahaan ini.

Lebih lanjut Jamalon juga mengatakan bahwa ia tak lupa selalu mengantongi identitas kepesertaan program JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN sebagai persiapan kalau-kalau sang buah hati tiba-tiba diserang penyakit.

"Namanya juga anak-anak, sering demam batuk pilek. Kalau sudah begitu saya langsung bawa mereka ke klinik, kasih nampak kartu di handphone, langsung dilayani, obat dari dokternya pun bagus, ampuh untuk anak-anak saya, makanya saya sarankan untuk pakai BPJS," jelasnya.

Jamalon Abidin merupakan salah satu dari 193.081 jiwa masyarakat Kota Lhokseumawe lainnya yang sudah terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS. Angka pelayanan di fasilitas kesehatan wilayah Kota Lhokseumawe juga mencapai 660 kasus setiap harinya. Namun begitu, BPJS Kesehatan dan para mitranya telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan jaminan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan.[ril]
Share:
Komentar

Berita Terkini