-->

Awas! 18 Wilayah di Aceh Berpotensi Mudah Terbakar

Redaksi author photo

Lhokseumawe, BAP--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca panas akhir-akhir ini di Aceh.

Hal ini disampaikan Koordinator Bagian Data dan Informasi Stasiun Meteorologi setempat, Zakaria Ahmad dalam keterangan tertulis, Selasa, 16/2/2021 malam.

"Dengan melihat fenomena cuaca yang sudah semakin sedikit hari hujan, maupun curah hujan, BMKG mengeluarkan warning potensi tingkat mudah terjadi kebakaran khusus Propinsi Aceh untuk tanggal 17 Februari 2021," katanya.

Ia menyebutkan, pada kategori tinggi dan menengah tingkat potensi mudah terbakar meliputi Kabupaten/Kota: Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, sebagian besar Bireuen bagian utara, Pidie Jaya bagian utara, sebagian besar Pidie bagian utara.

Kemudian Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya bagian barat dan selatan, sebagian Aceh Barat Daya bagian selatan, Aceh Selatan bagian selatan dan timur, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara bagian selatan.

Dengan keadaan demikian, lanjut Zakaria, BMKG menghimbau agar masyarakat harus waspada dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dalam membuka lahan baru.

"Juga harus hati-hati dalam membakar sampah. Harus diawasi," tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini