-->

Aqila, Penderita Gizi Buruk asal Aceh Utara Dirujuk ke RSUZA

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Aqila Fitriana, penderita gizi buruk asal Gampong Ampeh, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Selasa, 9/2/2021.

Balita berusia 1,8 tahun ini, dirujuk setelah difasilitasi Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman (Haji Uma) dan pihak Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

Informasi yang diterima media ini, Aqila merupakan anak dari keluarga kurang mampu, pasangan Amiruddin (35) dan Deliana (30). Ia menderita gizi buruk sejak 2 hari kelahiran.

Awalnya, Aqila menderita infeksi saluran kencing, rahang tidak berfungsi hingga mengalami gizi buruk. Aqila terpaksa makan dan minum lewat selang Nasogastric Tube (NGT) yang dipasang melalui hidungnya.

Ia selama ini ramai dibicarakan di media sosial, sampai adanya para warga yang ikut membantu meringankan beban jangka pendek untuk Aqila, namun untuk kepastian tindak lanjut pengobatan, belum ada yang menangani.

"Insya Allah Aqila akan menjalani pengobatan di RSU dr Zainoel Abidin Banda Aceh. Kemarin saudara Iskandar Ketua YARA (Perwakilan) Aceh Utara bersama timnya, sudah mengurus administrasi rujukan untuk diberangkatkan hari ini," ungkap Haji Uma.

Sementara Safaruddin SH, Ketua YARA mengatakan, selain membantu kebutuhan biaya pendamping pasien, pihaknya akan mengutus relawannya untuk melakukan pendampingan pasien dalam mendapatkan pelayan kesehatan yang layak.

"Kita sudah perintahkan relawan YARA, baik di Kabupaten Aceh Utara maupun di Banda Aceh untuk mendampingi adik Aqila secara estafet dalam mendapatkan hak pelayanan kesehatan yang lebih baik selama menjalani pengobatan di RSU dr Zainoel Abidin Banda Aceh," katanya.

Safaruddin menambahkan, setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Hal itu berdasarkan Pasal 28H ayat (1) Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
Share:
Komentar

Berita Terkini