-->

Harga Ikan Laut Tinggi: Penjual Nasi Mengeluh

Abdul Rafar author photo

Aceh Utara, BAP--Para penjual nasi di kota Panton Labu Kab Aceh Utara, mengeluhkan hal itu disebabkan  melambungnya harga ikan laut hingga saat ini.

Sejumlah penjual nasi  yang ditemui beritaacehpoe.net di Kota Panton Labu, Sabtu 15/1/2021 mengaku sejak sebulan ini  harga ikan laut terus naik.

Muhammad (40) penjual nasi  di emperan  warung kopi Bombay kota Panton Labu menuturkan bahwa keuntungan yang diperoleh sangat minim dibandingkan sebelumnya.

Muhammad menerangkan, harga ikan Tongkol dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram saat ini menjadi Rp 40 ribu hingga Rp50 ribu.

Sedangkan Ikan Dencis dari Rp 25 ribu menjadi Rp 40  ribu, ikan Gembung  dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya.

"Biasanya  mendapatkan untung antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per hari, sejak sebulan ini dengan harga ikan yang terus naik mendapatkan untung Rp100 ribu saja sulit, karena jika dinaikan harga nasi tidak akan laku," ujar Muhammad.

Hal yang sama juga  disampaikan Nurlela (30) penjual nasi pagi, dirinya mengaku terpaksa mengurangi ukuran ikan yang disajikan.

"Dengan kondisi harga ikan yang mahal saat ini, terpaksa ukuran ikan yang disajikan dikurangi lebih kecil dari biasanya, untuk satu ekor yang biasanya dibagi dua saat ini satu ekor ikan dibagi tiga," ungkapnya.

Selain itu Munir (35) penjual ikan yang ditemui di Pasar Tradisional kota Panton Labu, mengaku kenaikan harga ikan disebabkan minimnya pasokan dari agen ikan dari IDI Aceh Timur, Peudada, Bireun, Lampulo Banda Aceh, bahkan dari Sibolga dan Tanjung Balai Sumut.

"Hampir sebulan memang pasokan ikan dari agen berkurang sehingga harga pembelian dari agen juga naik,dan penjualan kepada pembeli juga jadi naik," tuturnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini