-->

Forum Petani Organik Buatkan Resep Organik untuk Petani

Redaksi author photo

Aceh Timur, BAP--Forum Petani Organik Rakan Pak Tani kembali mengunjungi petani di Gampong Seuneubok Seneubok Pidie Perlak, Aceh Timur Jum'at 8/1/2021. 

Kunjungan 10 anggota forum yang diketuai Zulfan, alias Pak Tani ini untuk melakukan observasi atas pengaduan masyarakat yang mengalami kendala hama pada tanaman padi mereka. 

Inisiasi ini sesuai dengan komitmen forum ini untuk mengunjungi secara swadaya ke lokasi-lokasi komunitas petani yang mengalami kendala penanaman, pemupukan dan perawatan terhadap tanaman.

Hasil identifikasi langsung ke persawahan, tanaman padi di sana mengalami serangan hama walang sangit, sejenis serangga atau biasa disebut geusong yang menyebabkan malai padi yang baru tumbuh mengalami kegosongan.

"Ini kendala utama utama yang kami hadapi saat ini. Khawatirnya ini bisa berakibat gagal panen," kata Om Jol yang memfasilitasi kunjungan ini kepada beritaacehpoe.net Jum'at 8/1/2021. 

Menurut Om Jol yang juga anggota forum ini, masyarakat di sana belum berpengalaman sebagai petani padi, karena latar belakang mereka sebenarnya pelaut atau petambak.
 
"Hanya dalam empat tahun terkhir masyarakat mulai serius menggarap sawah. Sebelumnya sistim tabur, sekedar cukup untuk kebutuhan makanan pokok" terang Om Jol.

Pak Tani yang mendapat laporan seperti ini langsung meminta waktu kepada sekira 20 petani yang berkumpul di tengah sawah itu untuk memberikan arahan sambil berdiskusi tentang solusi perawatan padi mereka yang terkena hama.

Pak Tani memberikan resep untuk membuat pestisida organik yang bisa dibuat dan diaplikasikan secara mandiri oleh masyarakat. 

Resep ini sendiri sebahagiannya merupakan tumbuhan yang dengan mudah bisa didapatkan di pekarangan rumah atau perkampungan dengan proses pengolahan dan model aplikasi yang sederhana melalui penyemprotan pada tanaman.

Di jelaskan. Menyemangati petani, Zulfan memotivasi semua yang hadir untuk mulai beralih ke penanaman padi pola organik agar hasil panen merupakan produk sehat untuk dikonsumsi. 

"Kita harus menghasilkan produk sehat untuk konsumsi yang sehat agar badan kita tetap sehat." Ujar Pak Tani sambil menambahkan ia dan forumnya siap mendampingi mereka dari pengolahan tanah, penanaman dan perawatan untuk musim tanam yang akan datang.

Saat ditanya apa motivasi forum ini sehingga bersedia turun ke masyarakat petani secara swadaya untuk mendampingi petani, Pak Tani menjelaskan misi utama forum yang baru dibentuk ini adalah untuk mewujudkan kemandirian petani. 

"Agar petani mandiri, bermartabat dan menghasilkan produk sehat. Petani merupakan ketergantungan kita semua. Kita semua memakan apa yang meraka tanam. Dan sepertinya sudah cukup petani sebagai pekerja/buruh, mereka harus didorong untuk bangkit. Kita akan bantu agar petani sejahtera dengan hasil panen yang sebanding. InsysAllah." tutup Pak Tani.
Share:
Komentar

Berita Terkini