-->

Forum Petani Organik Bina Warga Tanam Jahe

Redaksi author photo

Aceh Timur, BAP--Sejumlah warga di Gampong Lhee, Nurussalam, Aceh Timur, Jumat 22/01/2021, kemarin red, mengundang Forum Petani Organik Rakan Pak Tani Aceh untuk melakukan tanam perdana komoditas jahe. Sebelumnya Forum ini juga diundang untuk melakukan pemetaan dan persiapan lahan.

Pemilik lahan, Juliadi, beserta rekannya, mengapresiasi fasilitasi forum tersebut, untuk penanaman jahe secara organik miliknya di area seluas 600an m2.

"Ada 2500 polybag dan hari ini kita tanam perdana bersama Pak Tani dan anggotanya." kata Juliadi

Dirinya menerangkan Pak Tani yang dimaksud adalah Zulfan, ini siator dan Ketua Forum Petani Organik Rakan Pak Tani Aceh yang selama ini getol membantu petani dengan resep organiknya.

Semtara Zulfan menjelaskan bahwa penanaman jahe itu merupakan teknik berjenjang dengan menggunakan polybag yang diisi komposisi tanah dan sekam untuk menjaga tanah tetap gembur.

"Kita menggunakan polybag agar tanaman jahe bisa diupgrade produktifitasnya. Jadi tahap pertama hanya sepertiga polybag yang diisi media tanam, di usia pertangahan nanti akan ditambah. Itu akan merangsang pertumbuhan tunas baru dan skala panennya akan meningkat, bisa tiga kali lipat dari penanaman langsung di atas tanah" ulas Zulfan yang akrab disapa Pak Tani.

Menurutnya seluruh proses penanaman menggunakan bahan organik. Untuk pemupukan dan perawatan akan menggunakan pupuk cair organik dari tumbuhan begitu pula pestisidanya akan menggunakan bahan nabati.

Pak Tani mengaku terharu atas kepercayaan petani yang selama ini ia dampingi. Dukungan anggota Forum juga merupakan motivasi yang kuat baginya untuk terus bergerak.

"Hari ini ada sepuluh anggota Forum yang ikut hadir secara suka rela untuk melihat langsung dan saling sharing dengan petani. Bagian pemasaran juga ikut, jadi petani tidak perlu khawatir hasil panennya akan dibawa ke mana. Kita akan bantu, sama-sama mencari pasar yang tepat. Jika memungkinkan kami akan tampung sementara" ujar Pak Tani saat ditanya beritaacehpoe.net.

Di sela-sela kunjungan ini, Pak Tani bersama anggota Forum juga singgah di Balai Pengajian Nurul Huda yang dipimpin Tgk. Umar untuk penjajakan  penanaman sayuran di area komplek balai tersebut.

Harapannya di lokasi ini bisa ditanami sayuran yang prospek pasarnya bagus agar bisa membantu kebutuhan operasional balai pengajian tersebut.

Share:
Komentar

Berita Terkini