-->

BPJS Kesehatan Lhokseumawe Gelar Pertemuan Kemitraan FKTP, Ini Agendanya

Jamaluddin author photo

Lhokseumawe, BAPBPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe menggelar Pertemuan Kemitraan FKTP Tahun 2021 pada Kamis 14/1/2021. 

Pertemuan dengan agenda rapat koordinasi dan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 ini dilangsungkan di Kabupaten Bireuen dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) setempat. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pemanfataan aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 oleh Dinas Kesehatan sekaligus penguatan komitmen perjanjian kerja sama penyedia layanan kesehatan FKTP mitra BPJS Kesehatan di periode tahun 2021.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe melalui Kepala Kantor Kabupaten Bireuen, Neri Eka Putri menjelaskan bahwa kegiatan ini dilangsungkan untuk memastikan wewenang masing-masing instansi khususnya FKTP dalam menjadi gate keeper layanan kesehatan. 

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS berdasarkan umpan balik layanan tahun 2020 lalu, serta menjelaskan perbedaan aplikasi di FKTP (P-Care-red) dan aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan Dinkes.

Selain itu Neri juga menyampaikan harapan agar seluruh FKTP memenuhi kewajibannya sebagaimana tertulis dalam perjanjian kerja sama demi memaksimalkan pelayanan kesehatan. 

Antara lain yaitu pelarangan penarikan iur biaya kepada pasien diluar ketentuan, pelaporan jumlah sumber daya, sarana dan prasarana secara tepat, serta pemenuhan komitmen berbasis kompetensi secara penuh tanggung jawab oleh tiap-tiap FKTP.

Tak hanya itu, terkait aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19, Neri pun menegaskan kembali bahwa aplikasi yang dapat digunakan Dinas Kesehatan tersebut diperuntukkan agar pencatatan dan pendokumentasian tatalaksana vaksinasi dilakukan secara tepat.

"Semoga inovasi (aplikasi P-Care Vaksinasi) ini dapat membantu untuk kelancaran pelaksanaan vaksinasi di Aceh, agar lebih akurat dan tertata dengan baik. Khususnya pelaksanaan vaksinasi di Bireuen ini oleh Dinkes kita," kata Neri dihadapan pimpinan FKTP serta jajaran Dinkes.

Ditemui tim Jamkesnews, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, Irwan juga menyambut baik fasilitas yang dibuat BPJS Kesehatan untuk membantu tata laksana vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bireuen.

"Aplikasi entri vaksinasi (P-Care Vaksinasi Covid-19-red) itu sangat membantu kami disini, agar pencatatannya lebih akurat," ujarnya.

Diakhir perbincangan Irwan juga menyampaikan kesiapannya dalam mendukung segala program untuk kesinambungan Program JKN-KIS dan kesehatan masyarakat di wilayahnya.

"Kita siap ya, untuk kesinambungan program ke depannya, terutama terkait feedback (umpan balik), juga komitmen-komitmen dalam kontrak, akan kita upayakan semaksimal mungkin," tutup Irwan.
Share:
Komentar

Berita Terkini