-->

Aceh Utara Termasuk Daerah yang Berpotensi Hujan Lebat di Awal Tahun 2021

Jamaluddin author photo

LHOKSUKON, BAP—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh memprakirakan beberapa daerah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta angin kencang dan petir mulai tanggal 01 hingga 04 Januari 2021.

Beberapa daerah tersebut antara lain Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Kota Langsa serta Kota Lhokseumawe. Selain itu, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Banda Aceh dan Aceh Jaya.

"Hal ini disebabkan adanya belokan angin dan daerah pertemuan angin di wilayah provinsi Aceh yang dapat meningkatkan pembentukan awan hujan di sekitar provinsi Aceh," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria.

Zakaria mengatakan, kondisi itu dapat mengakibatkan fenomena cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang disertai petir. Untuk itu diharapkan masyarakat tetap waspada, misalnya daerah dataran tinggi untuk waspada longsor.

"Yang kategori awas (tinggi) untuk potensi banjir, Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara serta Kabupaten Aceh Utara. Kemudian kita harapkan hati-hati juga bagi masyarakat yang berpergian ke laut karena adanya ketinggian gelombang mulai 1,5 meter hingga 2 meter lebih," kata Zakaria.

Pihaknya juga menyebut, wilayah yang berpotensi gelombang tinggi pada tanggal 02 dan 03 Januari 2021 di antaranya, perairan utara Sabang, selat Malaka bagian utara, samudera Hindia bagian barat Aceh.[]
Share:
Komentar

Berita Terkini