-->

Penyusunan RKPG Tahun 2021 Gampong sedikit Alot

Zulkarnaen author photo


Aceh Utara,BAP--Pemerintah Gampong Paya Dua Ujong Kecamatan Seunuddon Kabupaten Aceh Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2021. 

Kegiatan itu berlangsung di Meunasah Gampong setempat, sedikit Alot Selasa16/12/2020 tepat pukul 20:30 wib.

Keuchik Gampong Paya Dua Ujong Muhammad Kasem mengatakan adapun usulan perioritas pembangunan pada Musrenbangdes Tahun 2021 di antaranya,Bidang Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui DD Tahun 2021.

Dalam sambutannya Keuchik M.Ksem juga menjelaskan bahwa Musrenbang ini adalah yang harus dilakukan desa setiap tahun kegiatan ini untuk menggali usulan-usulan dari tingkat Dusun.

Musrenbangdes merupakan forum perencanaan yang dilaksanakan oleh Tuha Peut Gampong bekerja sama dengan tokoh masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya.

Sementara itu, Koordinator Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Seunuddon Azhar S.Pd. mengatakan Gampong Paya Dua Ujong sudah melaksanakan Musrenbangdes yang partisipasitif dan mengacu pada Permendes Nomor 13 tahun 2020. 

Prioritas Dana Desa Tahun 2021 dengan Konsep SDGs yaitu Pembangunan total atas desa, seluruh aspek pembangunan harus dirasakan oleh masyarakat desa.

"No one left behind" mengarah pada pembangunan yang berkelanjutan fokus nya yaitu jaringan pengaman Sosial bagi masyarakat yang berdampak pandemi Covid 19.

 Adaptasi kebiasaan baru (new normal) Ketahanan pangan, pemulihan ekonomi masyarakat, upaya pencegahan Stunting dan kegiatan lain nya sesuai kebutuhan desa.

"Hasil musrembangdes ini harus murni dari musyawarah dusun (Musdus), artinya dari bawah kita usulkan ke atas, bukan dari atas ke bawah, yaitu mulai dari Dusun kita bangun Gampong dan dari gampong kita membangun kecamatan,begitu juga kabupaten dalam hal peningkatan pembangunan umum nya," sebut Azhar.

Pada kegiatan Musrenbangdes tersebut hadir Muspika Kecamatan Seunudon terdiri dari Camat M. Jamil Rasyid, Kapolsek, Koramil 09/SND, Mukim Seunudon dan akhirnya semua terkendali dan Sukses.          
Share:
Komentar

Berita Terkini