-->

Penderita Baru Covid-19 Sembuh Bertambah 11 Orang

Redaksi author photo

Banda Aceh, BAP—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sembuh bertambah 11 orang lagi di Aceh, sehingga kesembuhan komulatif menjadi 7.414 orang. Kasus sembuh paling banyak kali ini warga Aceh Barat.

Sementara itu, kasus baru konfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak empat orang, dan tidak ada laporan korban meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG kepada awak media massa di Banda Aceh, Minggu, 20-12-2020.

"Kasus baru konfirmasi positif Covid-19 memang hanya empat orang, namun hal itu menunjukkan virus corona masih menjalar di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Menurut Jubir SAG, meski kasus konfirmasi baru secara harian semakin kecil namun Satgas Covid-19 bidang kesehatan tetap melakukan tracing terhadap kontak erat dari kasus-kasus baru tersebut untuk memutuskan rantai penularan lebih lanjut kepada masyarakat di sekitarnya.

Pada sisi yang lain, lanjutnya, masyarakat dihimbau untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan. Perilaku menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir, tetap dijalankan secara disiplin dan konsisten.

"Selagi status bencana non alam pandemi Covid-19 belum dicabut, protokol kesehatan wajib diterapkan olah setiap individu maupun penyedia jasa pelayanan publik, baik oleh pemerintah maupun pihak swasta," tutur SAG.

Selanjutnya, seperti biasa, Juru Bicara Covid-19 Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulatif kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 8.573 orang.

 Penderita yang dirawat saat ini 817 orang, sudah sembuh sebanyak 7.414 orang, dan 342 orang meninggal dunia.

Penderita baru Covid-19 yang bertambah lagi sebanyak 11 orang di Aceh meliputi warga Kabupaten Aceh Barat sebanyak tujuh orang, warga Kota Langsa sebanyak tiga orang, dan satu lainnya merupakan warga Kabupaten Pidie Jaya.

Sementara itu, empat orang dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19, yakni warga Kabupaten Bireuen sebanyak dua orang, dan masing-masing satu orang warga Kabupaten Aceh Utara, dan Aceh Timur.

"Hari ini tidak ada laporan korban virus corona yang meninggal dunia di Aceh," katanya.

Lebih lanjut, Jubir Pemerintah Aceh itu mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 621 orang. 

Dari jumlah kasus probable tersebut, 25 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 541 sudah selesai isolasi, dan 55 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 4.910 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.688 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 188 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 34 orang isolasi di rumah sakit.

Dalam kesempatan itu dirinya mengharapkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi terhindar dari bahayanya virus Corona.

"Kita harus waspada dan menjaga kesehatan dengan cara melakukan 3. M, Mencuci Tangan dengan Sabun, Memakai Masker dan Menghidari Kerumunan" harapnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini