-->

Pemda Aceh Utara Harus Aksi Cepat Menangani Bencana Banjir

Redaksi author photo

Aceh Utara, BAP--Akibat di guyuran hujan lebat minggu pertama awal desember, sejumlah tempat mengalami banjir akibat genangan air hujan dan luapan air sungai yang kelebihan debit air.

Secara umum banjir dirasakan hampir merata di seluruh Aceh Utara pada minggu 6/12/2020 kemarin red, meskipun tingkat ketinggian airnya variatif sehingga berbeda pula dampak yang ditimbulkan.

Zulkifli Anggota DPRK Aceh Utara kepada beritaacehpoe.net, menyatakan Selasa 8/12/2020, telah meninjau beberapa titik lokasi banjir yang terdampak cukup parah karena ketinggian air yang tidak memungkinkan bagi masyarakat untuk bertahan di rumahnya sehingga harus mengungsi.

Dijelaskan. Setidaknya ada 267 desa terdampak dari 23 kecamatan yang tersebar di 178 lokasi. Jumlah pengungsi dari titik tersebut 61.064 jiwa yang berasal dari 19.225 kepala keluarga (KK). Selain itu akibat bencana alam itu roda perekonomian rakyat terputus.

Sementara itu di beberapa titik lain kondisinya belum dapat diperhitungkan karena keterbatasan sarana akses ke lokasi dan mereka juga tidak bisa keluar karena terjebak banjir.

Di jelaskan akibat banjir itu aliran Listrik mati juga mengakibatkan komunikasi terputus.

"Sampai saat ini kita masih belum bisa memetakan separah apa dampak di kawasan Aceh Utara. Karena komunikasi terputus dan mereka tidak bisa keluar dari sana," ujar Zulkifli dari PKS ini.

Ia mendorong seluruh stakeholder agar melakukan langkah-langkah cepat dalam penanganan korban banjir kali ini, meskipun ia mengakui bahwa agak rumit menjangkau semua titik banjir karena sebarannya sangat luas.

Ia mendorong masyarakat Aceh Utara untuk sama-sama saling membantu korban yang terdampak. "Kita harus bangkitkan kembali semangat gotong royong. Saling membantu dan berempati," kata Pak Jol sapaan akrapnya.

Diharapkan Pemda Aceh Utar harus sigap mengambil langkah untuk menangani warga yang terdampak banjir.

"Pemda harus sigap. Penanganan paska banjir harus cepat untuk menanggulangi kebutuhan masyarakat korban banjir di masa darurat ini." Tutup Zulkifli sambil mengatakan ia secara pribadi telah turun ke beberapa titik dan menyalurkan bantuan tanggap darurat semampunya.

Share:
Komentar

Berita Terkini