-->

Pra Musrembang dan Rembuk Stunting di Gampong Naleung

Redaksi author photo

Aceh Timur, BAP--Perangkat Gampong Naleung dan Pendamping Desa dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar Pra musyawarah rencana  pembangunan (Pra Musrembang) dan rembuk stunting untuk program kerja tahun 2021, yang bertempat di aula Gampong Naleung, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Kamis, (26/11/2020)

Keuchik Gampong Naleung Zainuddin saat membuka acara menyampaikan bahwa pra musrembang dan rembuk stunting yang digelar untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat untuk pencegahan stunting dan pembangunan tahun 2021 mendatang. 

"Untuk kebutuhan utama dalam program prioritas nantinya terhadap kebutuhan kesehatan, terutama untuk ibu hamil dan balita, dan kita sudah menugaskan setiap kepala dusun (kadus) untuk meniventariskan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dan hari ini, kita kumpulkan jadi satu berita acara" jelasnya.

Lanjut Keuchik, Setelah nanti ditemukan hasil, langkah apa kita ambil terhadap peningkatan kesehatan di Gampong. 

Menurutnya perencanaan anggaran 2021 kedepan, selain dialihkan keanggaran pembangunan atau fisik, juga lebih mengedepangkan kesehatan masyarakat.

"Kita lebih fokus terhadap kesehatan dini masyarakat dan penggerakan dari kader Posyandu. Jangan sampai terjadi stunting, karena dana Gampong selain diperuntukan pembangunan fisik juga pembangunan manusia dibidang kesehatan, jadi pendataan itu sangat penting. Kita harapkan dari para kader Posyandu" jelasnya.

Ketua Tuha Peut Gampong (TPG) yang diwakili Sekertaris TPG Munizar mengucapkan terimakasih kepada P3MD Kecamatan Julok yang terus dengan berbagai upaya membimbing dan membantu dan kepada seluruh perangkat Gampong yang telah hadir disini untuk mengusulkan segala usulan untuk pembangunan Gampong Naleung. 

"Kegiatan ini digelar untuk menjaring aspirasi masyarakat dan mencegah stunting agar pembangunan di Gampong dapat terealisasi," kata Munizar.
 
Dirinya juga menyebut, terkait dengan rembuk sunting ini, pihaknya memang belum memahami sepenuhnya, namun dirinya dan lembaga TPG sangat mendukung dalam program rembuk stunting ini dan program-program yang telah diusulkan untuk kepentingan masyarkat Gampong Naleung. 

Sementara itu, dari P3MD Kecamatan Julok yang mewakili Tgk. Safrijal mengungkapkan terimakasih kepada masyarakat ikut membantu program kerja perangkat Gampong, tambahnya lagi, ini sebagai program prioritas Bupati Aceh Timur, untuk terus menjadikan Aceh Timur bebas dari Stunting.

"Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik dengan seluruh masyarakat Perangkat Gampong, TPG Bidan Desa, Kader Pembangunan Masyarakat, Kader Posyandu dan semua pendamping P3MD Kecamatan Julok, yang secara bersama-sama membantu dan saling mengisi setiap ada kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan" tambahnya.

Abbas
Share:
Komentar

Berita Terkini