-->

Pemilihan Tuha Peut Gampong Blang Gleum Berjalan Demokrasi

Redaksi author photo
Photo: Acara Pelihan TPG Gampong Blang Gleum

Aceh Timur, BAP--Warga Gampong Blang Gleum, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Mengikuti pemilihan Tuha Peut Gampong secara demokrasi di Meunasah Gampong Setempat, Jumat, (20/11) Malam.

Warga Gampong Blang Gleum terlihat antusias datang ke meunasah gampong untuk ikut pemilih tuha peut Gampong Periode 2020-2026.

Tgk Mahamuddin, Staf Kasi Pemerintahan Kecamatan Julok pada awal sebelum pemilihan menjelaskan kepada masyarakat terkait adanya perubahan jumlah Tuha Peut gampong.

Menurutnya, dimana ada perubahan jumlah TPG, yang sebelumnya dalam Qanun Aceh Timur Nomor 4 Tahun 2006 tentang Tuha Peut Gampong, pada pasal 13 ayat (1,2,3) sesuai jumlah pembagian penduduk, sedangkan Qanun Aceh Timur Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha Peut pada pasal 38 ayat (3) jumlah Tuha Peut di kategorikan  Gampong Tipe.

“Jika kategori Gampong itu Tipe A berjumlah 9 Orang ,  Tipe B jumlahnya  7 Orang,  dan Gampong tipe C terdiri  5 Orang dan di masing-masing tipe harus terwakili oleh unsur perempuan ” papar Tgk Mahamuddin saat pembukaan Pemilihan Tuha Peut 

Lanjutnya, sedangkan untuk Kecamatan Julok di keseluruhan Gampong yang ada itu, Bertipe C, sehingga jumlah Tuha Peut Gampong berjumlah 5 orang.   

Selesai Acara, Pak keuchik Gampong Blang Gleum H. Sofyan mengungkapkan, bahwa pemilihan TPG berjalan sukses dan setiap dusun memiliki kandidat masing-masing, Ia juga berharap kedepannya akan bisa bekerja dan memberikan nasehat untuk kemajuan Gampong.

“Harapannya kepada tuha peut terpilih bisa bekerja sama dengan baik dan menjadi pengawas kinerja keuchik, jika terjadi kekeliruan bisa di koreksi dan diberikan nasehat sehingga pembangunan dan pemberdayaan Gampong Blang Gleum bisa berjalan dan sukses” ujarnya saat selesai pemilihan.

Ketua Terpilih Razali Abdullah, dengan usia yang lebih muda dari anggota TPG yang lain, masih belum berani meyakinkan diri untuk menjadi pimpinan dari yang usia dan pengalamannya lebih jauh dari dirinya mengungkapkan akan terus belajar dan memohon bimbingan untuk kemajuan gampong kedepan

 “Pengalaman pertama bagi saya yang muda, di berikan amanah sebagai ketua,   dan akan banyak belajar dan bertanya kepada orang tua di lembaga TPG ini” ujar Razali.

Sementara itu, Panitia Pelaksanaa Tgk. Alimudin mengucapkan terimakasih kepada masyarakat telah ikut serta dalam pemilihan TPG secara demokratis  dan berharap kepada yang terpilih bisa membangun dan memberdayakan Gampong dengan memamfaatkan penggunaan dana gampong sesuai dengan kebutuhan dan ke masyarakat.

“Nama-nama TPG Ketua Razali Abdullah, Wakil Ketua Abdurrachman, Sekertaris Syarifuddin, Anggota Banta Budiman dan Herawati, semoga kedepan dalam pembangunan dan pemberdayaan prioritas anggaran dana gampong di tahun depan jangan ada kepentingan pribadi tapi kepentingan masyarakat” tutupnya.

Abass
Share:
Komentar

Berita Terkini