-->

Wujudkan Generasi Sehat dan Cerdas, Ini Harapan Pemdes Alue Buya ke Kader Posyandu

Redaksi author photo

Lhoksukon - Pemerintah desa (Gampong) Alue Buya, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara mengharapkan kader Posyandu agar menjadi garda terdepan di bidang kesehatan, terutama dalam mencegah adanya kasus stunting di gampong setempat demi terwujudnya generasi sehat dan cerdas ke depannya.

"Optimalisasi peran kader Posyandu dalam mencegah adanya balita stunting di Gampong Alue Buya sangat dibutuhkan," kata Keuchik (Kepala desa) Alue Buya Muhammad Sufli A.Md.Kep, Selasa  (1/9/2020).

Pernyataan itu disampaikan Sufli seiring turunya petugas dari Dinas Kesehatan Aceh Utara dan Puskesmas Baktiya ke Gampong Alue Buya pada Senin (31/8/2020) siang, dalam rangka pertemuan peningkatan kapasitas kader Posyandu dan penggerak PKK desa.

Sufli mengatakan stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak yakni pertumbuhan tubuh dan otak disebabkan oleh kekurangan asupan gizi.

Sejauh ini, sambung Sufli, untuk kasus stunting itu sendiri belum ditemukan atau tercatat di Gampong Alue Buya

"Sebagaimana kita ketahui bahwa penderita stunting secara umum memiliki tingkat kecerdasan atau intellegence quotient (IQ) rendah, oleh karenanya kader Posyandu di Alue Buya yang merupakan perpanjangan tangan Puskesmas maupun Dinas Kesehatan dalam memantau tumbuh kembang anak harus berperan aktif dan menjadi garda terdepan di bidang kesehatan," harap Sufli.

Apalagi kader Posyandu Alue Buya dalam beberapa waktu lalu, juga sudah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Aceh Utara, tentu saja diharapkan mau dan mampu bekerja secara bersama- sama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan untuk menangani masalah kesehatan perorangan maupun pelayanan Posyandu secara rutin.

Sufli menjelaskan, kader Posyandu tersebut memiliki peran penting di antaranya memberitahukan hari dan jam buka Posyandu kepada masyarakat, kemudian menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan Posyandu.

Selanjutnya melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil serta ibu usia subur yang hadir di Posyandu, juga melakukan penimbangan bayi dan balita, melakukan penyuluhan perorangan kapada ibu-ibu dan kunjungan ke rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada ibu hamil serta ibu yang mempunyai bayi atau balita pada pasangan usia subur.

Petugas Dinas Kesehatan Aceh Utara mengedukasikan kader Posyandu Gampong Alue Buya, Kecamatan Baktiya di meunasah setempat, dalam pertemuan peningkatan kapasitas kader Posyandu dan penggerak PKK desa, Senin 31 Agustus 2020.

Zir
Share:
Komentar

Berita Terkini